Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Setelah menjadi lumpuh, mantan anggota “Fonky Family” ini menulis…dengan matanyawithعيون

Diperbarui pada 20/06/2021 pada 00:33

Dipublikasikan pada 20/6/2021 8:11 AM11


Musisi Guilhem “Pone” Gallart, dengan penyakit Charcot, terus menulis berkat program khusus, pada 16 Juni 2021 di Gaillac, di Tarn
Agence France-Presse/Fred Schipper

Setelah menjadi lumpuh, mantan anggota “Fonky Family” ini menulis…dengan matanyawithعيون


20/06 pada 08:11

Perbarui 20 06 pada 12:33 pagi

Menulis meskipun quadriplegia: Pone, mantan kolumnis dari kolektif hip-hop populer Fonky Family, yang mengembangkan penyakit Charcot, terus menggubah musik berkat perangkat lunak yang mematuhi gerakan matanya.

“Jika ada pesan, sebagai pasien, semuanya mungkin terjadi.”Gilhem “Bon” Gallart mengatakan kepada AFP. Dengan demikian, sistem pelacakan mata, yang memandu mouse, memungkinkannya untuk menulis, tetapi juga menulis atau berbicara melalui suara yang dihasilkan oleh komputernya (jelas dengan sedikit latensi untuk tanggapan).

Meringkas karirnya dalam beberapa tahun terakhir. “Saya jatuh sakit pada tahun 2015, dan tidak bermain musik sampai Januari 2019. Bukannya saya tidak mau, itu karena saya sibuk dengan hal lain, untuk bertahan hidup”. “Ketika momok kematian menghilang, sebagian besar berkat trakeotomi, saya menemukan keinginan untuk menulis, tetapi saya pikir itu tidak mungkin dengan mata.”

Penyakitnya, juga disebut amyotrophic lateral sclerosis (ALS), ditandai dengan kematian bertahap sel-sel saraf yang mengontrol, antara lain, berjalan, berbicara, menelan, dan bernapas.

Namun berkat suksesi teknologi, Forty kembali dapat menggubah musik dan memanfaatkan keunggulannya. “Seperti semua ciptaan saya pikir, pertama-tama ada perasaan berada di tempat lain, tidak melihat waktu berlalu. Kemudian kemewahan yang merupakan kepuasan dari pekerjaan yang dilakukan, ketika Anda mencapai tempat yang Anda inginkan., memiliki sesuatu yang menggembirakan dan menghibur sekaligus. waktu.”.

“Buka matamu”

“Saya menemukan Pone yang saya kenal sebelumnya”Istrinya, Wahiba, mengatakan kepada AFP. “Dan bahkan lebih kuat dari sebelumnya. Musik Boone telah berubah hari ini. Saya mendapat kesan bahwa emosi hari ini membuatnya lebih menonjol.”

Skor tersebut telah terdengar lagi sejak Jumat dengan “Listen and Donate,” sebuah mini album empat lagu. Pone melakukan distilasi listrik yang indah di mana kami mendengar “Buka mata Anda”, yang merupakan simbol yang cukup. Seperti namanya (“mendengarkan dan memberi” dalam bahasa Prancis), pekerjaan ini bertujuan untuk mengumpulkan dana untuk asosiasi Trakadom (trakeotomi rumah). Struktur ini dibuat oleh Pone dan dua dokter untuk melatih pengasuh dan asisten untuk mengawasi kepulangan pasien dengan alat bantu dengar.

“Bicarakan hal ini dengan dokter, perawat, pengasuh, dan pengasuh, tidak hanya saya menemukan kurangnya[pelatihan]ini signifikan, tetapi ada keinginan untuk melatih sebagian besar dari mereka.”Artis membuka.

Dia terbaring di tempat tidur, diintubasi dengan respirator, di rumahnya di Guillac (Tarn) dan tinggal berdampingan dengan istri dan dua putrinya.

Bekerja selama 10 tahun

Untuk membantu asosiasi, yang harus Anda lakukan adalah mendengarkan di platform – yang membuat transfer hak cipta – atau ambil versi vinil tiga trek atau versi kolektor empat trek (dari Naïve/Believe). Artis terkenal J.R. adalah orang yang menandatangani serangkaian foto yang menggambarkan Vinnies yang ditawarkan dalam edisi terbatas.

“Saya selalu menjadi penggemar fotografi, pengakuan Bonnie. Saya sudah memulai grafiti sebelum saya terjebak dalam audio. Saya tidak akan menyembunyikan dari Anda bahwa karena aspek amal dari proyek ini, kami ingin membuat banyak keributan. JR adalah orang yang tepat untuk itu. Kemudian dia ditanya dan dia menjawab ya tanpa berpikir. Saya sangat berterima kasih padanya.”

Nama besar lain yang datang untuk menawarkan, secara tidak langsung, uluran tangan yang berharga adalah Kate Bush, yang sebelumnya disebutkan mengacu pada proyek produser-musisi sebelumnya. “Dia artis besar dan berada di 5 besar bersama Bob Marley, Curtis Mayfield, Satorius Page, dan Claude Nogaro”, dia bersemangat.

Kami mengirimnya “Kate dan aku” (2019 Pone Record) Dan dia segera menulis kepada saya email paling menakjubkan yang pernah saya terima di mana dia mengatakan dia menyukai albumnya dan bahwa saya mendapat restunya untuk mencicipi seluruh albumnya. Saya butuh tiga hari untuk mengatasinya.

proyek lain? “Saya punya banyak, mungkin terlalu banyak … musik, menulis, dan proyek sindikat medis, saya memiliki pekerjaan selama 10 tahun.”


READ  Meret Becker dan Ken Duken di video # Pembuatan semua penyegelan: Aksi Mundur