Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Surreal ‘Einstein’s Cross’ terlihat di luar angkasa setelah supernova jauh: ScienceAlert

Surreal ‘Einstein’s Cross’ terlihat di luar angkasa setelah supernova jauh: ScienceAlert

Mengukur jarak kosmik memang rumit, dan para astronom mengandalkan berbagai metode dan alat untuk melakukannya—secara kolektif disebut sebagai tangga jarak kosmik.

Salah satu alat yang sangat penting adalah Supernova tipe Iayang terjadi dalam sistem biner di mana sebuah bintang tunggal (katai putih) mengonsumsi materi dari pendampingnya (biasanya raksasa merah) hingga mencapai batas Chandrasekhar dan runtuh karena massanya sendiri.

Ketika bintang-bintang ini meledak dari lapisan luarnya dalam ledakan besar, mereka untuk sementara mengambil alih semua yang ada di latar belakang.

Dalam penelitian terbaru, tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Ariel Jobar dari Pusat Oscar Klein Di Universitas Stockholm mereka menemukan supernova Tipe Ia yang tidak biasa, SN Zwicky (SN 2022qmx).

Ilustrasi supernova “tipe Ia”. Ketika katai putih mencapai 1,4 kali massa Matahari saat ini, ia tidak dapat lagi menopang beratnya dan runtuh. (NASA/JPL-Caltech)

Dalam putaran yang tidak biasa, tim mencatat “Cincin Einstein“, sebuah fenomena yang tidak biasa yang diprediksi oleh teori relativitas umum Einstein di mana keberadaan pelensaan gravitasi di latar depan menyebabkan cahaya dari objek yang jauh diperkuat.

Ini adalah pencapaian besar bagi tim karena melibatkan pengamatan dua peristiwa astronomi yang sangat langka yang terjadi bersamaan.

Tim tersebut terdiri dari beberapa peneliti Pusat Oscar Kleinitu Institut Kosmologi Kavliitu Pusat Cahill untuk Astrofisikaitu Pusat pemrosesan dan analisis inframerah (IPAC), dan Institut Teknologi Federal di Lausanne (EPFL), dan Pusat Eksplorasi dan Penelitian Interdisipliner dalam Astrofisika (tutup Pusat Penelitian Astrofisika LyonDewi NASA Institut Sains Teleskop Luar Angkasa (STScI), dan beberapa universitas.

Makalah penelitian mereka menggambarkan temuan mereka baru-baru ini muncul di astronomi alam.

Penemuan awal dilakukan dengan menggunakan Fasilitas Transit Zwicky di Observatorium Palomar di California. Fasilitas ini dinamai untuk menghormati Fritz Zwicky, astronom yang mengembangkan teori eksistensi materi gelap Di usia 30-an.

READ  Sebuah studi percontohan menunjukkan harapan untuk berjalan aerobik jarak jauh dalam meningkatkan fungsi kognitif orang dengan multiple sclerosis

Beberapa minggu kemudian, tim mengamati ini menggunakan optik adaptif (AO) di Observatorium WM Keck Di atas Maunakea, Hawaii, dan Teleskop yang sangat besar (VLT) di Observatorium Paranal di Chili. Berdasarkan kecerahan yang diamati, Gubar dan rekannya berhipotesis bahwa mereka sedang mengamati efek pelensaan yang kuat.

Beberapa catatan dari SN Zwicky
Pencitraan bidang SN Zwicky menggunakan berbagai sumber. (Goobar et al. , astronomi alam2023)

Ini menindaklanjuti catatan dan foto yang diperolehnya Teleskop Luar Angkasa Hubble membenarkan teori ini, menunjukkan bahwa efek lensa multi-foto disebabkan oleh galaksi latar depan yang telah memperbesar supernova sebanyak 25 kali!

Penemuan kebetulan ini menghadirkan beberapa peluang bagi para astronom, termasuk kemampuan untuk mempelajari SN Zwicky secara lebih mendetail dan menyelidiki lebih lanjut misteri pelensaan gravitasi. Seperti yang dijelaskan oleh Goobar di Stockholm University jumpa pers:

“Penemuan SN Zwicky tidak hanya menampilkan kemampuan instrumen astronomi modern yang luar biasa, tetapi juga merupakan langkah maju yang penting dalam upaya kita untuk memahami gaya fundamental yang membentuk alam semesta kita.”

Namun, implikasi dari ini melampaui dua fenomena ini. Studi tentang supernova Tipe Ia telah membuat para astronom menyadari bahwa alam semesta mengembang dengan kecepatan yang semakin cepat.

Penemuan ini mendapat tim penemuan Hadiah Nobel Fisika 2011yang dibagi antara Saul Perlmutter (Proyek Kosmologi Supernova), dan bersama-sama oleh Brian P. Schmidt dan Adam G. Reiss (Tim peneliti High-z Supernova).

Oleh karena itu, pengamatan SN Zwicky dapat membantu para astronom mengatasi misteri penyebab percepatan ekspansi ini.

border frame=”0″allow=”akselerometer; mulai otomatis; Tulis papan klip. media yang disandikan giroskop; gambar di dalam gambar; berbagi web “allowfullscreen>”.

“Perbesaran ekstrim SN Zwicky memberi kita kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mempelajari sifat-sifat ledakan supernova Tipe Ia yang jauh, yang kita perlukan saat kita menggunakannya untuk mengeksplorasi sifat energi gelapkata Joel Johansson, postdoctoral fellow di Stockholm University dan salah satu penulis studi tersebut.

READ  Seorang anak laki-laki berduka atas ayahnya yang meninggal karena penyakit Creutzfeldt-Jakob dua tahun kemudian

Di luar itu, itu juga bisa membantu para astronom menarik kembali tabir materi gelap dan ceritakan teori-teori tentang bagaimana alam semesta berakhir (misalnya big crunch, big rupture, free death, dll.).

Artikel ini awalnya diterbitkan oleh alam semesta hari ini. Membaca Artikel asli.