Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Terobosan dalam pencegahan flu?  Para ilmuwan telah menemukan kekuatan luar biasa dari vaksin berusia satu abad

Terobosan dalam pencegahan flu? Para ilmuwan telah menemukan kekuatan luar biasa dari vaksin berusia satu abad

Para peneliti di Pusat Kesehatan Universitas McGill telah menemukan bahwa vaksin tuberkulosis yang lebih tua, BCG, juga memberikan perlindungan terhadap influenza A, sehingga menunjukkan adanya potensi untuk melawan virus secara lebih luas, termasuk virus corona. Terobosan ini dapat berdampak besar pada pengembangan vaksin di masa depan.

Sementara musim flu di Kanada dilanda rekor kasus bakteri Streptococcus A, hal ini terus berlanjut COVID-19 Kekhawatiran, studi baru menyoroti pemahaman kita tentang respon imun pernapasan. Para peneliti dari Lembaga Penelitian Pusat Kesehatan Universitas McGill (RI-MUHC) telah menemukan aspek mengejutkan tentang vaksin tuberkulosis berusia satu abad, Bacillus Calmette Guérin (BCG).

Studi ini dipublikasikan di jurnal Imunologi AlamMekanisme yang sebelumnya tidak diketahui yang memperluas perlindungan vaksin terhadap influenza A telah terungkap virus– Jenis influenza yang paling umum.

Implikasinya terhadap pengembangan vaksin

“Reaksi imun yang terlibat di sini dapat 'melatih' paru-paru, yang sering terpapar agen infeksi di lingkungan. Jika kita dapat memetakan jalur kekebalan protektif yang ada di paru-paru, hal ini akan terjadi,” jelas penulis utama Maziar Devangahi, a ahli imunologi paru dan ilmuwan senior di RI. “Merevolusi pendekatan konseptual dan klinis kami dalam mengembangkan vaksin melawan infeksi, termasuk virus pernapasan yang baru muncul.” -MUHC, Profesor Kedokteran di McGill University.

Penemuan ini membuka jalan bagi penelitian di masa depan untuk mengevaluasi apakah BCG dapat digunakan untuk mencegah virus baru lainnya. Perlu dicatat bahwa penelitian terkait perlindungan vaksin terhadap Covid-19 membuahkan hasil yang menjanjikan.

Referensi: “Imunisasi BCG menstimulasi sel T memori efektor CX3CR1hi untuk memberikan perlindungan silang melalui imunitas terlatih yang dimediasi IFN-γ” oleh Kim A. Tran, Erwan Burnett, Mina Sadeghi, Jeffrey Downey, Julia Chronopoulos, Elizabeth Lapshina, Oscar Tsai, Eva Kaufman, John Deng dan Maziar Devangahi, 15 Januari 2024, Imunologi Alam.
doi: 10.1038/s41590-023-01739-z

READ  CAPSTONE meninggalkan orbit Bumi menuju Bulan