Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tidak pernah seburuk ini dalam 24 tahun. Inflasi naik ke 13,9% di bulan Mei

Apa yang akan Anda temukan di artikel?

Kali ini ramalan para ekonom lebih akurat. Inflasi mencapai 13,9 persen pada Mei tahun ini. – Ini dari data terbaru dari Biro Statistik Federal. Ini adalah kenaikan harga tertinggi sejak Februari 1998 dan, sayangnya, bukan akibat kenaikan harga makanan dan jasa.

Inflasi awal adalah 13,9%. Yang terburuk belum datang

Inflasi semakin cepat seperti bola salju dan meningkat setiap bulan. Di Polandia, organisasi yang berkuasa menunjukkan alasan utama untuk situasi saat ini – perang di Ukraina, bagaimanapun, tanda-tanda peringatan pertama muncul selama liburan tahun lalu. Setelah periode epidemi, ada pemulihan permintaan, yang berkontribusi pada kenaikan harga. Pada saat yang sama, kami telah menghadapi peningkatan biaya produksi yang tiba-tiba dan drastis. Lapisan gula dalam kue adalah salah satu sumber energi yang paling mahal. Ketiga faktor ini, digabungkan secara bersamaan, menyebabkan kita memasuki siklus kenaikan. Perang di Ukraina memperburuk masalah ekonomi dunia yang membara. Inflasi sebesar 13,9% adalah perkiraan awal dari Biro Statistik Federal. Data rinci akan dirilis pada pertengahan Juni dan indeks pasti akan lebih tinggi dari pada akhir Mei. Sayangnya, pada pertemuan Dewan Kebijakan Moneter pada 8 Juni, pembacaan bencana inflasi bisa menentukan besarnya kenaikan suku bunga. Menurut para ekonom, yang terburuk belum datang.

Inflasi riil 22%

Harga meningkat karena perang dan cuaca yang tidak menguntungkan dan kekhawatiran tentang ketersediaan makanan karena meningkatnya biaya pemrosesan. Inflasi riil lebih tinggi dari apa yang dilaporkan Biro Statistik Federal. Menurut laporan terbaru tentang situasi harga di toko-toko, pada bulan April tahun ini. Belanja harian hampir 22% lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu. Menurut laporan terbaru tentang situasi harga di toko-toko, pada bulan April tahun ini. Belanja harian hampir 22% lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu.

Kapan inflasi akan mulai turun?

Tidak ada yang 100% yakin akan jawaban atas pertanyaan ini, tetapi sebagian besar analis melihat kemungkinan untuk menghentikan inflasi di paruh kedua tahun ini. Ini harus berkontribusi pada penurunan permintaan konsumen. Sinyal pertama dari pasar adalah jumlah pinjaman yang disalurkan pada bulan April turun 38% dan permintaan perlahan menurun. Namun, menurut para ekonom, ada bulan-bulan liburan ketika inflasi mencapai puncaknya – bahkan pada 16%. Jika inflasi berhenti, seharusnya tidak mulai turun dengan cepat. Prakiraan menunjukkan bahwa kita harus hidup dengan krisis ekonomi selama dua tahun ke depan.

Sumber: GUS
Foto: pixabay

READ  Borussi yang bermasalah. Nastpca Erlinga halanda za drogi dla club pika nona