Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Arab Saudi umumkan tahun 2023 Arafah, tanggal Idul Adha

Arab Saudi umumkan tahun 2023 Arafah, tanggal Idul Adha

Dewan Tertinggi Kerajaan Arab Saudi mengumumkan, pada Minggu malam, bahwa Senin, 19 Juni 2023 akan menandai hari pertama bulan Dzulhijjah dalam kalender lunar Islam, setelah melihat bulan sabit baru di Kerajaan tersebut.

Artinya, Hari Arafah jatuh pada Selasa, 27 Juni 2023, sedangkan Rabu, 28 Juni jatuh pada Idul Adha.

Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa bulan sabit Dhu al-Hijjah, yang merupakan bulan terakhir dan kedua belas dari kalender Hijriah, terlihat di kota Tamir, Saudi pada hari Minggu.

Arab Saudi sebelumnya telah meminta umat Islam di negara itu untuk mencari bulan sabit yang mungkin menunjukkan tanggal Idul Adha 2023.

Dan Dewan Tertinggi Kerajaan telah mengatakan bahwa siapa pun yang melihat bulan sabit, baik dengan teropong atau dengan mata telanjang, harus menghubungi otoritas terkait di agensi terdekat.

Umat ​​​​Muslim dari seluruh dunia melakukan ziarah tahunan selama bulan Dhu al-Hijjah Islam, yang berpuncak pada perayaan Idul Adha pada hari kesepuluh haji. Haji dimulai pada hari kedelapan Dhu al-Hijjah dan berlanjut hingga tanggal tiga belas bulan itu.

Idul Adha atau “Hari Raya Kurban” adalah salah satu hari raya Islam terpenting yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Namanya diterjemahkan sebagai “pesta pengorbanan”, yang mencerminkan tema utama hari raya tersebut.

Hari raya ini memperingati kesediaan Nabi Ibrahim (Abraham dalam agama Kristen dan Yahudi) untuk mengorbankan putranya sebagai tindakan ketaatan kepada Tuhan. Menurut narasi agama, Tuhan turun tangan di saat-saat terakhir dan mempersembahkan seekor domba jantan untuk dikorbankan menggantikan anak Abraham.

Idul Adha adalah puncak dari praktik haji, ziarah tahunan ke Mekkah, salah satu dari Lima Rukun Islam. Itu dirayakan pada hari kesepuluh Dhu al-Hijjah, bulan terakhir dari kalender lunar Islam.

READ  Raja Charles III: Banyak keanehan Raja Charles: tali sepatu yang disetrika, kotak sarapan