Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Blinken menelpon menteri luar negeri Turki, Mesir, Yordania dan Arab Saudi terkait ketegangan antara Iran dan Israel |  berita Dunia

Blinken menelpon menteri luar negeri Turki, Mesir, Yordania dan Arab Saudi terkait ketegangan antara Iran dan Israel | berita Dunia

Washington: Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, pada hari Minggu, berkomunikasi melalui telepon dengan para menteri luar negeri Yordania, Arab Saudi, Turki dan Mesir, sementara Menteri Pertahanan Lloyd Austin melakukan kontak dengan rekan-rekannya di Saudi dan Israel, di tengah indikasi peningkatan eskalasi konflik. krisis di Timur Tengah. Timur Tengah setelah serangan Iran terhadap Israel.

gambar HT

Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel, yang menurut Teheran sebagai tanggapan atas serangan terhadap konsulatnya di Suriah pada 1 April.

Buka akses eksklusif ke kisah pemilu India, hanya di Aplikasi HT. Unduh sekarang!

Hampir semua drone dan rudal Iran ditembak jatuh oleh pasukan Israel, AS, dan sekutu sebelum mencapai sasarannya.

Langkah diplomatik yang berlebihan untuk melawan krisis ini terjadi tak lama setelah Presiden AS Joe Biden mengadakan panggilan konferensi dengan para pemimpin G7 dan mengadakan pembicaraan telepon terpisah dengan Raja Yordania Abdullah dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Dalam semua seruan tersebut, kepemimpinan AS menekankan perlunya menghindari eskalasi lebih lanjut di kawasan, dan menegaskan kembali komitmen kuat Amerika terhadap keamanan Israel.

Dalam pembacaan percakapan telepon Blinken dengan Wakil Perdana Menteri Yordania, juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan bahwa mereka juga menegaskan kembali pentingnya upaya diplomatik untuk mencapai akhir yang langgeng terhadap krisis di Gaza yang memberikan perdamaian dan keamanan abadi bagi Israel dan Palestina. Menteri dan Menteri Luar Negeri dan Emigran Ayman Safadi, Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry, Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan, dan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan.

Blinken berterima kasih kepada Fidan atas keterlibatan Turki yang berkelanjutan dalam mencegah eskalasi lebih lanjut di wilayah tersebut, dan berdiskusi dengan Shukri tentang pentingnya upaya berkelanjutan untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza dan melindungi warga sipil Palestina, serta mencapai gencatan senjata segera yang menjamin pembebasan semua sandera.

READ  Roket China diluncurkan untuk misi berawak terpanjang ke stasiun luar angkasa

“Blinken berterima kasih kepada Yordania atas kepemimpinannya dalam memberikan bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan nyawa warga sipil Palestina, termasuk melalui pengiriman udara dan darat bersama AS-Yordania,” kata Miller.

Dalam panggilan teleponnya dengan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, Blinken menekankan bahwa meskipun Amerika Serikat tidak berupaya melakukan eskalasi, pihaknya akan terus membantu Israel mempertahankan diri. Miller mengatakan Menlu dan Menteri Luar Negeri sepakat mengenai pentingnya respons diplomatik yang terkoordinasi.

Menurut sekretaris pers Pentagon, Mayor Jenderal Pat Ryder Austin, dalam panggilan teleponnya dengan Menteri Pertahanan Saudi Khalid bin Salman, menegaskan bahwa Amerika Serikat tidak berupaya melakukan eskalasi, dan akan terus membela Israel dan personel Amerika.

Ryder mengatakan bahwa Austin menekankan pentingnya kemitraan pertahanan Amerika dengan Arab Saudi yang langgeng dan menegaskan komitmen Amerika Serikat untuk bekerja sama dengan Kerajaan dan mitra lainnya untuk meredakan ketegangan di kawasan.

“Austin juga memberi pengarahan kepada Gallant tentang konsultasinya dengan mitra dan sekutunya untuk memperkuat tekad internasional dalam menghadapi agresi Iran,” kata Ryder.

Sementara itu, Biden menghubungi para pemimpin Kongres mengenai krisis kebijakan luar negeri terbesar dalam masa kepresidenannya.

Biden mengadakan panggilan telepon sore ini dengan Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, Ketua DPR Mike Johnson, dan Pemimpin Minoritas DPR Hakeem Jeffries untuk membahas serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel. Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden membahas kebutuhan mendesak Dewan Perwakilan Rakyat untuk menyetujui Lampiran Keamanan Nasional sesegera mungkin.

Di markas besar PBB di New York, Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mengatakan kepada anggota Dewan Keamanan, dalam pertemuan darurat, bahwa tindakan apa pun perlu dihindari yang dapat mengarah pada konfrontasi militer besar-besaran di berbagai bidang di Timur Tengah.

READ  Presiden Prancis Emmanuel Macron kehilangan mayoritas parlemen sebagai pukulan terhadap rencana reformasi: Perkiraan

“Perdamaian dan keamanan regional dan global sedang dirusak saat ini. Baik kawasan ini maupun dunia tidak mampu menanggung lebih banyak perang.”

Schumer mengatakan kepada wartawan di New York bahwa Iran menjadi semakin terisolasi karena tindakan “jahatnya”. “Cara terbaik untuk membantu Israel membangun kembali kemampuan anti-rudal dan anti-drone adalah dengan segera memberikan jumlah tambahan ini. Seperti yang saya katakan, Israel telah menghabiskan lebih dari satu miliar dolar untuk membela diri, dan atase keamanan akan memperbarui jenis pertahanan anti-rudal dan anti-drone yang ada di sistem Arrow, di David's Sling, dan di Iron Dome. Dia berkata.

Penasihat Komunikasi Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengikuti beberapa presentasi di mana dia menekankan bahwa Biden dan Amerika Serikat “memenuhi komitmen tegas mereka untuk membela Israel.” Dia juga menjelaskan bahwa Amerika Serikat tidak ingin berkonflik dengan Iran.

“Beberapa ratus drone dan rudal diluncurkan dalam beberapa jam, hampir semuanya jatuh dari langit. Ini bukanlah suatu kebetulan. “Ini adalah bukti luar biasa atas superioritas militer Israel dan juga superioritas militer kami serta upaya dan sumber daya yang telah dijanjikan Presiden Biden untuk membantu membela Israel,” kata Kirby kepada Fox News.

“Ini adalah contoh luar biasa dari superioritas militer yang ditunjukkan Israel kepada seluruh dunia dan ini menunjukkan bahwa Israel mempunyai teman dan tidak terisolasi di panggung dunia,” kata Kirby kepada NBC News.

“Sekarang, apakah dan bagaimana Israel akan menanggapinya, itu terserah mereka. Kami memahami hal itu dan menghormatinya. Namun presiden sudah sangat jelas. Kami tidak ingin berperang dengan Iran dan kami tidak ingin melakukan eskalasi di sini Israel membela diri.”

READ  138 penumpang SpiceJet, terdampar selama 11 jam di Karachi, terbang ke Dubai

Artikel ini dihasilkan dari umpan berita otomatis tanpa modifikasi teks apa pun.

Cari tahu kisah lengkap pemilu India di produk pemilu eksklusif kami! Anda dapat mengakses semua konten secara gratis di aplikasi HT. Unduh sekarang! Dapatkan berita dunia terkini dan konflik Israel-Iran secara langsung dengan berita terkini dari India di Hindustan Times.