Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hometogo menyelinap ke Spac dan penilaiannya mencapai miliaran dolar

Hometogo, mesin pencari untuk persewaan liburan di Berlin, bernilai sekitar €1,2 miliar saat diluncurkan ke publik “melalui pintu belakang”. Startup yang didirikan pada tahun 2014 ini bertujuan untuk mengisi kekosongan struktur perusahaan Lakestar Spac I, yang dinikmati oleh investor Jerman-Swiss. Klaus Bumblebees (54) terdaftar di Bursa Efek Frankfurt pada bulan Februari. Penggagas Lakestar mencapai kesepakatan dengan para pendiri Hometogo Patrick Andra dan investornya mengenai persyaratan merger dengan Spac (“Perusahaan Akuisisi Tujuan Khusus”), Lakestar Spac dan Hometogo Corporations mengumumkan Rabu malam.

Perusahaan telah membuat rencana untuk proyek semacam itu pada awal Juni. Hometogo akan terdaftar di bursa saham mulai September setelah pertemuan publik Lakestar Spac I, yang harus membuat keputusan resmi. Andra akan terus memimpin perusahaan.

Di platform, pemilik apartemen dan rumah liburan dapat menawarkan properti mereka untuk disewa. Pada tahun 2020, Hometogo telah diuntungkan dari tren apartemen liburan karena wisatawan telah menghindari hotel di masa pandemi Corona. “Tahun lalu, volume pemesanan lebih tinggi dibandingkan 2019,” kata Andra kepada Reuters. Pada paruh pertama tahun baru, volume pemesanan yang diproses melalui Hometogo meningkat 27 persen menjadi 904 juta euro. Secara operasional, startup tersebut mencatatkan kerugian sebesar €2 juta pada tahun 2020 (Ebitda).

Hometogo masih menulis kerugian

Investor di Hometogo akan memiliki 69 persen dari perusahaan setelah merger, pemegang saham Lakestar, yang menginvestasikan 275 juta euro dalam penawaran umum perdana, dengan 25 persen. Selain itu, Lakestar telah mengumpulkan sekitar €75 juta modal baru dari investor lain, yang menurut Hummels sendiri menyumbang €20 juta yang bagus.

Dana Lakestar yang diluncurkan oleh Hommels telah diinvestasikan di Hometogo pada 2018. “Kami saling mengenal – dan itu memiliki beberapa keuntungan,” kata investor. Selama bertahun-tahun, ia dapat memeriksa bagaimana tim manajemen mencapai tujuannya. Pada putaran pendanaan 2018, startup, yang investornya termasuk Acton Capital, DN Capital, Insight Venture Partners, dan Global Founders Capital Oliver Samwer, bernilai $630 juta.

READ  Apakah perdagangan pada hari Minggu? Apakah toko buka hari ini (26 September)? Lihat daftar perdagangan hari Minggu kami di tahun 2021

Lakestar Spac Saya adalah perusahaan kosong pertama yang go public di Bursa Efek Frankfurt dalam lebih dari satu dekade – dan yang pertama dari tiga Spac di sana yang menemukan properti untuk dijual. Pada awal Juni, Lakestar sudah menandatangani letter of intent dengan Hometogo. Kendaraan akuisisi kedua Spac, 468 Spac, ingin menelan operator radio anak-anak Boxine dengan harga sekitar €1 miliar.

Bagikan Lakestar Spac – Segera udara keluar

Pada bulan Februari, presiden Lakestar Hommels Inc. menerima 275 juta euro melalui penempatan langsung dengan investor institusi untuk 27,5 juta saham di Lakestar Spac. Tak lama kemudian, surat kabar tersebut terdaftar di Bursa Efek Frankfurt. Di sana nilainya naik menjadi €12,32 di hari-hari pertama perdagangan, tetapi kemudian segera suasana cerah kembali dan kertas membalik sekitar harga penerbitan €10.

Yang disebut Spacs adalah instrumen keuangan di mana investor populer mengumpulkan uang melalui IPO untuk mengakuisisi perusahaan nanti. Perusahaan tidak memiliki tujuan tertentu dalam pikiran pada saat itu, hanya tergoda oleh janji untuk menemukan yang baik. Jadi investor Spac mengeluarkan semacam cek kosong untuk mengelola mobil.