Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Menjelang KTT G-20 di India, Perdana Menteri Modi akan mengunjungi Jakarta untuk menghadiri KTT ASEAN, India dan Asia Timur minggu depan

Menjelang KTT G-20 di India, Perdana Menteri Modi akan mengunjungi Jakarta untuk menghadiri KTT ASEAN, India dan Asia Timur minggu depan

Kementerian Luar Negeri melalui keterangan resmi hari ini, Sabtu, mengatakan Perdana Menteri Narendra Modi akan mengunjungi ibu kota Indonesia, Jakarta, pada 6-7 September untuk menghadiri KTT ASEAN, India, dan Asia Timur.

Dukungan terhadap hubungan perdagangan dan keamanan India dengan 10 negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) kemungkinan akan menjadi fokus pertemuan Modi dengan para pemimpin blok tersebut, menurut para pejabat. PTI laporan.

“Perdana Menteri Modi akan melakukan perjalanan ke Jakarta, Indonesia pada tanggal 6-7 September atas undangan Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia,” bunyi pernyataan itu.

Kementerian mengatakan bahwa Perdana Menteri Modi akan menghadiri KTT ASEAN-India ke-20 dan KTT Asia Timur ke-18 yang diselenggarakan oleh india sebagai ketua ASEAN saat ini.

KTT ASEAN-India akan menjadi yang pertama sejak hubungan kedua belah pihak ditingkatkan menjadi kemitraan strategis komprehensif pada tahun lalu, menurut PTI laporan.

Kantor Berita Timur Tengah mengatakan bahwa KTT tersebut akan meninjau kemajuan yang dicapai dalam hubungan antara India dan ASEAN dan memetakan arah kerja sama di masa depan.

Menurut Kementerian Luar Negeri, KTT Asia Timur akan memberikan kesempatan bagi para pemimpin negara-negara ASEAN dan delapan mitra dialognya, termasuk India, untuk bertukar pandangan mengenai isu-isu penting regional dan global.

Hubungan antara India dan ASEAN telah mengalami kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir dengan fokus pada penguatan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi serta keamanan dan pertahanan. PTI tersebut.

Sepuluh negara anggota ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Perlu dicatat bahwa kunjungan Perdana Menteri Modi ke india untuk menghadiri KTT ASEAN-India dilakukan menjelang KTT G20 di India yang dijadwalkan pada tanggal 9-10 September. KTT dua hari ini akan menarik para pemimpin dan delegasi dari 40 negara, termasuk 20 negara. Negara-negara Anggota.

READ  India gelar pertemuan G20 di Ladakh

KTT G20 akan diselenggarakan di New Delhi di Pusat Konvensi Bharat Mandapam yang canggih di Pragati Maidan.

(dengan masukan PTI)

Dapatkan semua berita bisnis, berita pasar, berita terkini, dan pembaruan berita terkini di Live Mint. Unduh aplikasi Mint News untuk mendapatkan pembaruan pasar harian.

Lebih banyak berarti lebih sedikit

Diperbarui: 03 Sep 2023, 09:54 IST