Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Menyalahkan pihak yang mengambil tindakan: analisis forensik atas keruntuhan Arecibo

Menyalahkan pihak yang mengambil tindakan: analisis forensik atas keruntuhan Arecibo

Setelah hampir tiga tahun pembongkaran teleskop radio Arecibo yang tergesa-gesa dan tidak terencana, Kami akhirnya mengetahui alasan di balik kerusakan tersebut: colokan yang rusak.

Jika Anda melewatkannya, pada tahun 2020 kami mulai menerima laporan yang tidak menyenangkan bahwa kabel yang menopang platform instrumen seberat 900 ton di atas reflektor utama 300 meter yang dulunya merupakan teleskop radio terbesar di dunia perlahan-lahan terurai. Mulai dari tanda-tanda masalah pertama di bulan Agustus, ketika sebuah kabel putus melubangi reflektor, hingga kegagalan kabel kedua di bulan November, nampaknya hari-hari Arecibo sudah tinggal menghitung hari, dan akan menjadi korban dari semua masalah lainnya. Nasib buruk tampaknya terjadi dengan cepat di tahun yang menentukan itu. Hal yang tak terhindarkan akhirnya terjadi pada tanggal 1 Desember, ketika kabel-kabel yang mengalami tekanan berlebih di menara pendukung keempat akhirnya runtuh, membuat platform berayun dengan anggun di samping depresi alami yang menutupi reflektor, sehingga merusak teleskop hingga tidak dapat diperbaiki lagi.

Jangka waktu yang lama menjelang pekerjaan akhir teleskop memiliki keuntungan karena memberikan kesempatan kepada para insinyur dan ilmuwan untuk memantau kegagalan secara cermat dalam waktu nyata. Jadi, tidak ada misteri nyata mengenai apa yang terjadi, setidaknya dari sudut pandang gambaran besar. Namun kita selalu ingin mengetahui seluk beluk kegagalan tersebut, sebuah tugas yang berada di tangan firma investigasi kriminal Thornton Tomasetti. Mereka meminta bantuan Laboratorium Kekuatan Bahan Universitas Columbia, yang mengirimkan potongan kabel yang rusak ke reaktor isotop fluks tinggi di Laboratorium Nasional Oak Ridge untuk dioperasi. Pencitraan neutronHal ini mirip dengan penelitian sinar-X tetapi menggunakan aliran neutron yang berinteraksi dengan inti materi, bukan elektronnya.

READ  Beberapa orang dirawat karena rabies di Kabupaten Gwinnett setelah digigit kucing gila | Georgia

Laporan lengkap (PDF) Ini mengungkapkan lima penyebab langsung keruntuhan, yang paling penting adalah “[T]Terjadi hamburan kabel secara manual dan tidak konsisten saat menyambungkan kabel”, yang kami maksudkan adalah setiap helai kabel tidak terdistribusi dengan benar sebelum seng cair. soket pemisah terbentuk di sekitar mereka. Tegangan geser yang dihasilkan menyebabkan seng mengalir perlahan di sekitar untaian kabel, memungkinkannya terlepas dari soket baja di sekitarnya – nah, Anda dapat melihat sendiri sisanya di bawah.

Seperti yang sering terjadi pada kegagalan seperti itu, ada beberapa penyebab, yang semuanya tercakup dalam laporan lebih dari 300 halaman. Namun kemampuan untuk membuang sebagian besar kegagalan pada satu kelemahan yang mudah dipahami—dan mudah diperbaiki—adalah suatu hal yang melegakan. Mungkin ini adalah sebuah penghiburan bagi para astronom dan karyawan Arecibo, tapi setidaknya ini adalah pelajaran yang mungkin dapat mencegah kegagalan struktur yang didukung kabel di masa depan.

[via New Atlas]