Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

“Nasihat” pemimpin Hamas kepada diplomat terkemuka AS: “Lebih fokus pada…” |  berita Dunia

“Nasihat” pemimpin Hamas kepada diplomat terkemuka AS: “Lebih fokus pada…” | berita Dunia

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengatakan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken harus berusaha mengakhiri “agresi” Israel di Gaza selama kunjungannya saat ini di Timur Tengah. Kepala diplomat Amerika tiba di Turki pada awal tur yang mencakup rencana kunjungan ke Israel dan Tepi Barat yang diduduki. Dia juga akan mengunjungi beberapa negara Teluk dalam tur regionalnya yang keempat sejak pertempuran dimulai dengan serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, yang mengakibatkan kematian sekitar 1.140 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil. Amerika Serikat mengatakan bahwa kunjungan tersebut akan fokus pada upaya membawa lebih banyak bantuan ke Jalur Gaza.

Perang antara Israel dan Hamas: Pemimpin Hamas yang tinggal di Qatar, Ismail Haniyeh (Agence France-Presse)

Dalam pesan video, Ismail Haniyeh mengatakan dia berharap Blinken telah “mempelajari pelajaran dari tiga bulan terakhir” saat Israel mengebom Gaza. Dia menambahkan bahwa dukungan Amerika terhadap Israel “menyebabkan pembantaian dan kejahatan perang yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap rakyat kami di Gaza.”

Tutup tahun lalu dan bersiaplah untuk tahun 2024 dengan HT! klik disini

“Kami berharap dia akan lebih fokus kali ini untuk mengakhiri agresi” serta “pendudukan seluruh tanah Palestina,” kata pemimpin Hamas yang berbasis di Qatar, dan mendesak para pemimpin regional yang dijadwalkan bertemu dengan Antony Blinken untuk memberi tahu dia. Dan stabilitas di Timur Tengah “terkait erat dengan perjuangan Palestina.”

Pemboman Israel menewaskan sedikitnya 22.722 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, di Gaza.

Apa yang dikatakan Türkiye dalam kunjungan Blinken?

Turki mengatakan dia membahas perang, krisis kemanusiaan di Gaza, dan proses aksesi Swedia ke NATO dengan Blinken, saat dia mengadakan pembicaraan dua jam di Istanbul. Seorang pejabat mengatakan Blinken juga akan bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di awal kunjungannya.

READ  Hari Malu Pakistan, kata Imran Khan sebagai orang Sri Lanka

Apa kata Israel tentang perang Gaza?

Juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan bahwa pasukan Israel mempertahankan “kesiagaan yang sangat tinggi” di sepanjang perbatasan dengan Lebanon.

Dia menambahkan bahwa tentara terus “berperang… di utara, tengah dan selatan” Gaza.

Buka dunia manfaat dengan HT! Dari buletin yang bermanfaat hingga peringatan berita real-time dan feed berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan sekali klik! – Masuk sekarang! Dapatkan berita dunia terkini serta berita terkini dari India di Hindustan Times.