Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Situs diambil alih setelah kebangkrutan: Thyssenkrupp anak perusahaan Thyssenkrupp untuk membangun kapal selam di Wismar

Situs diambil alih setelah kebangkrutan: Thyssenkrupp anak perusahaan Thyssenkrupp untuk membangun kapal selam di Wismar

Situs ini diambil alih setelah bangkrut
Anak perusahaan Thyssenkrupp Thyssenkrupp akan membangun kapal selam di Wismar

Di masa depan, kapal selam juga akan dibangun di lokasi galangan kapal tradisional di Wismar: setelah kebangkrutan galangan kapal MV, TKMS Thyssenkrupp mengambil alih lokasi tersebut dan “sebanyak mungkin karyawan,” IG Metall mengumumkan. Pemilik baru menjanjikan “perspektif jangka panjang”.

Thyssenkrupp Marine Systems (TKMS) telah mengakuisisi TKMS pembuat kapal selam dan angkatan laut di situs Wismar dari MV Werften yang bangkrut. Seperti yang diumumkan oleh TKMS, staf diinformasikan oleh administrator kebangkrutan Christoph Morgen. Akibatnya, “salah satu situs pembuatan kapal paling tradisional di Jerman sekali lagi memiliki prospek jangka panjang,” jelas perusahaan itu. Ke depan, TKMS akan mampu memproduksi kapal selam di Wismar “selama 2024”.

Faktor penentu dalam hal ini, perusahaan menjelaskan, adalah “perintah dari pemerintah federal untuk lebih banyak kapal selam dan investasi yang dihasilkan dalam pengembangan galangan kapal.” Sejauh mana karyawan dapat dipekerjakan juga tergantung pada ini. Ketergantungan pada kontrak publik juga menjelaskan mengapa produksi di sana baru akan dimulai pada 2024.

Disepakati untuk tidak mengungkapkan harga pembelian. Menteri Ekonomi Mecklenburg-Vorpommern Reinhard Mayer menyambut baik fakta bahwa TKMS menunjukkan “perspektif masa depan” untuk lokasi galangan kapal. Artinya, ada peluang untuk “mempertahankan sebanyak mungkin pekerjaan di industri maritim,” jelas politisi SPD itu.

MV Werften mengajukan kebangkrutan pada Januari setelah galangan kapal menganggap pembicaraan tentang bantuan keuangan dengan pemerintah federal dan negara bagian Mecklenburg-West Pomerania tidak layak. Grup perusahaan milik Genting Hong Kong Group. Delapan perusahaan di lokasi tiga galangan kapal di Wismar, Rostock-Warnemünde dan Stralsund terkena proses kepailitan.

Jarak pemutaran yang panjang

Pejabat kepailitan Morgan senang bahwa pemilik baru situs Wismar telah ditemukan di TKMS, “yang akan secara permanen memelihara pembuatan kapal di Mecklenburg-West Pomerania dan, jika perlu, bahkan mengembangkannya.” Namun, dia juga “sadar bahwa jarak untuk memulai kembali masih panjang bagi pekerja galangan kapal.” Karena alasan inilah dia “akan terus melakukan segala daya untuk membentuk transisi dan mengamankan pekerjaan bagi sebanyak mungkin karyawan.”

IG Metall Coast mengumumkan bahwa mereka telah sepakat dengan TKMS tentang poin-poin penting untuk menciptakan lapangan kerja baru di Wismar. Daniel Friedrich, Area Manager IG Metall, menjelaskan bahwa TKMS tidak hanya membeli “site and halls, tetapi juga menyediakan sebanyak mungkin karyawan di MV Werften dengan kondisi kerja yang baik. Perusahaan telah membuat komitmen kepada kami untuk melakukannya”. Berdasarkan permintaan, awalnya 800 karyawan dan kemudian hingga 1500 karyawan akan dipekerjakan secara langsung dan permanen, terutama dari operator.

READ  Kertas Wirecard Rahasia Terungkap: EY Menghilangkan Sejumlah Tanda Peringatan