Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tanyakan pada Amy: Saya harus memutuskan kontak dengan ibu saya. Bagaimana cara mengatasi rasa bersalah?

Amy sayang: Ibu saya yang berusia 82 tahun menderita penyakit mental yang tidak terdiagnosis yang ditandai dengan narsisme, paranoia, delusi, dan kemarahan yang kejam. Dimulai pada masa remaja saya (saya sekarang berusia 50-an), dia menyebabkan keterasingan dalam waktu lama karena anggapan remeh, jadi dia melewatkan pernikahan saya dan kelahiran anak-anak saya. Ayah saya menceraikannya ketika saya berumur 8 tahun. Namun, dia juga melewati masa-masa yang lebih baik di mana dia bisa menjadi cantik dan menawan, jadi setiap kali dia mengajakku berdandan, aku selalu melakukannya.

Sepanjang pandemi ini, saya telah mengunjunginya secara rutin, membawanya ke banyak janji dengan dokter, dan membantunya mengatasi masalah-masalah besar lainnya. Dia melakukan ini karena dia tidak punya orang lain – secara harfiah tidak ada teman atau keluarga lain yang mau berbicara dengannya atau membantunya.

Namun tahun lalu, karena saya tidak membalas teleponnya selama satu jam ketika saya berada di gereja untuk misa khusus Hari Ibu (betapa ironisnya), dia meninggalkan lebih dari setengah lusin pesan suara yang semakin bermusuhan dan kasar. Saya meneleponnya kembali dan memberitahunya bahwa kami sudah selesai.

Kemudian saya menulis surat panjang kepadanya yang menjelaskan mengapa saya mengakhiri hubungan saya dengannya, dan bahwa satu-satunya cara saya bisa berdamai dengannya adalah jika dia setuju untuk menemui psikiater (saya selalu menolak konseling atau pengobatan kesehatan mental). Lalu saya memblokirnya di ponsel saya, jadi saya tidak melihat panggilannya, tapi dia masih bisa meninggalkan pesan suara.

Sejak itu, dia sering meninggalkan pesan suara yang panjang dan kacau yang mengagung-agungkan diri sendiri dan kasar secara verbal. Saya tidak pernah menjawab satu pun panggilan ini, tetapi mendengarkan pesan-pesannya membuat saya merasa tidak enak. Aku ingin mengganti nomor teleponku, tapi sebagian diriku merasa tidak enak meninggalkan wanita tua yang lemah, pahit, kesepian, dan sering sakit ini tanpa jalan keluar sama sekali. Terapis saya mengatakan saya telah memenuhi kewajiban saya kepada ibu saya beberapa kali, dan saya bisa melepaskannya tanpa merasa bersalah.

READ  Poros bumi berubah karena adanya air

Sebenarnya aku tidak mempunyai keinginan untuk menjalin hubungan dengannya, namun rasa bersalah dan sedih masih ada. Saya menyambut saran Anda.

Tanpa tekanan: Saya tidak ingin menebak-nebak terapis Anda (saya bukan terapis), namun jika kita manusia dapat melepaskan hubungan keluarga yang menyakitkan atau bermasalah tanpa merasa bersalah, kita tidak memerlukan terapi, Alkitab, atau puisi. . Atau musik Joni Mitchell, atau sesi sesekali untuk mencari hiburan dari kesedihan dan frustrasi kita.

Saya percaya bahwa kita perlu membiarkan diri kita merasakan semua emosi kita dan menerima situasi yang sangat sulit ini sebagai konsekuensi yang hampir tak terhindarkan dari bolak-balik seumur hidup oleh seorang ibu yang tidak stabil dengan penyakit mental yang tidak diobati.

Kasih sayangmu terhadap ibumu terungkap dalam novelmu, jadi kamu harus berusaha untuk tetap bersikap empati, terutama terhadap dirimu sendiri karena pilihan-pilihan yang harus kamu ambil—tetapi juga terhadap ibumu.

Amy sayang: Baru-baru ini, pasangan pasangan SMA saya mengadakan reuni di rumah teman sekelas, yang dihadiri sekitar 30 orang. Dia membawa sebotol anggur dan menyerahkannya kepada nyonya rumah.

Saat mengobrol dengan beberapa rekan lainnya, saya diberitahu bahwa tidak ada minuman beralkohol yang disajikan. Tuan rumah memiliki air dan minuman ringan.

Haruskah saya meminta pengembalian dana untuk anggur saya? Jika mereka tidak minum alkohol, apa yang terjadi dengan anggur saya? Aku picik, tapi aku…

Fino: Anda tidak berharga. Tentunya Anda tidak bertanya-tanya apakah Anda harus meminta tuan rumah tersebut untuk membatalkan hadiah sebotol anggur itu dan mengembalikannya kepada Anda. Anda tidak tahu apakah pembawa acara ini minum alkohol. Anda baru tahu bahwa mereka memilih untuk tidak menyajikan alkohol untuk acara ini.

READ  Pemantauan luar angkasa: NASA sedang mencari obat untuk masalah Hubble | Teleskop Luar Angkasa Hubble

Apa yang terjadi pada botol ini selanjutnya sepenuhnya terserah mereka. Jika Anda mengundang mereka makan malam, Anda mungkin melihatnya dikembalikan kepada Anda sebagai hadiah tuan rumah.

© 2023 oleh Amy Dickinson. Didistribusikan oleh Badan Konten Tribune.