Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Besarnya peran Angkatan Laut India dalam menyelamatkan kapal Lanka dari bajak laut di lepas pantai Somalia

Besarnya peran Angkatan Laut India dalam menyelamatkan kapal Lanka dari bajak laut di lepas pantai Somalia

Angkatan Laut mengatakan keenam awaknya selamat. (mengajukan)

Angkatan Laut India membantu menyelamatkan kapal penangkap ikan Sri Lanka dari perompak di lepas pantai Somalia, menggagalkan upaya pembajakan ketiga dalam tiga hari terakhir, kata para pejabat pada hari Selasa. Kapal tersebut akhirnya dicegat di Seychelles oleh Penjaga Pantai dengan bantuan masukan dari Angkatan Laut India. Angkatan Laut mengatakan keenam awaknya selamat dan kapal mereka dikawal ke Mahe di Seychelles.

Tiga perompak membajak kapal berbendera Sri Lanka Lorenzo Botha 04 di lepas pantai Mogadishu pada hari Sabtu. Sebagai tanggapan, Angkatan Laut India mengerahkan kapal patrolinya INS Sharada dan mengirimkan drone Sea Guardian untuk menemukan kapal yang dibajak.

Penjaga Pantai Seychelles mencegat kapal penangkap ikan tersebut pada hari Senin setelah koordinasi dan pertukaran informasi melalui petugas penghubung di Sri Lanka dan Seychelles, kata Angkatan Laut.

Mereka menambahkan, “Dalam respons multilateral yang terkoordinasi terhadap pembajakan kapal penangkap ikan Sri Lanka, Angkatan Laut India, bekerja sama dengan Pasukan Pertahanan Seychelles dan Angkatan Laut Sri Lanka, berhasil mencegat dan menyelamatkan kapal yang dibajak.”

Terjadi peningkatan serangan terhadap kapal dan pembajakan kapal sejak dimulainya perang antara Israel dan Hamas. Perairan Somalia dan sekitarnya memiliki sejarah pembajakan yang bermasalah, termasuk Teluk Aden dan Laut Somalia.

Angkatan Laut India telah menanggapi dua upaya penculikan lainnya di lepas pantai Somalia sejak akhir pekan lalu.

Kapal perang India INS Sumitra pada hari Senin menyelamatkan 19 pelaut Pakistan dari tangan 11 perompak yang membajak kapal penangkap ikan mereka – FV Al Nuaimi – di lepas pantai timur Somalia dan menyandera awaknya.

READ  Rute ilegal untuk melarikan diri dari Afghanistan diaktifkan saat para pedagang menghasilkan uang: lapor | berita Dunia

Malam sebelumnya, INS Sumitra menanggapi panggilan darurat dari kapal penangkap ikan berbendera Iran lainnya – FV Iman – yang telah dibajak oleh bajak laut di wilayah yang sama, dan memastikan pembebasan 17 awak kapal dengan aman.

Minggu lalu, kapal perang India lainnya, INS Visakhapatnam, membantu memadamkan api besar di kapal dagang yang terkena rudal di Teluk Aden malam sebelumnya.