Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Donald Trump ditegur oleh hakim.  Alasan: retorika di media sosial |  berita Dunia

Donald Trump ditegur oleh hakim. Alasan: retorika di media sosial | berita Dunia

Associated Press melaporkan bahwa seorang hakim memperingatkan mantan Presiden AS Donald Trump untuk menahan diri dari pernyataan di media sosial yang dapat menyebabkan kerusuhan sipil. Seperti yang dikatakan Donald Trump kepada hakim bahwa dia “tidak bersalah”, Hakim Juan Merchan memperingatkan mantan presiden AS itu bahwa dia dapat dikeluarkan dari ruang sidang jika dia mengganggu. Donald Trump dilaporkan berbicara beberapa kali hanya untuk menjawab pertanyaan.

Mantan Presiden AS Donald Trump tiba di Pengadilan Kriminal Manhattan (Reuters)

Dia telah diberitahu untuk memoderasi postingan media sosialnya terkait dengan dakwaan tersebut dan akan hadir di pengadilan pada bulan Desember meskipun pengacaranya telah meminta agar dia dibebaskan dari menghadiri sidang secara langsung.

Baca selengkapnya: Tuduhan Donald Trump: jajak pendapat 2016, postingan media sosial, catatan bisnis palsu

Donald Trump mengaku tidak bersalah atas 34 tuduhan kriminal pemalsuan catatan bisnis terkait pembayaran diam-diam selama kampanye kepresidenannya tahun 2016. Dengan demikian, Donald Trump menjadi mantan presiden pertama dalam sejarah AS yang menghadapi tuntutan pidana.

Jaksa mengatakan Donald Trump juga dituduh memalsukan catatan bisnis terkait tiga kasus bungkam pra-pemilihan.

“Donald J. Trump berulang kali memalsukan catatan bisnis New York untuk menyembunyikan perilaku kriminal yang menyembunyikan informasi berbahaya dari pemilih selama pemilihan presiden 2016,” kata Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg dalam sebuah pernyataan.

Gugatan tersebut mengatakan bahwa mantan presiden “dengan niat untuk menipu dan dengan niat untuk melakukan kejahatan lain dan untuk membantu dan menyembunyikan komisinya, membuat dan menyebabkan entri palsu dalam catatan komersial sebuah fasilitas.”

READ  China menunjuk Wang Yi sebagai menteri luar negeri yang baru