Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kerugian pertama yang didokumentasikan! Spartan Inggris yang digunakan dengan sangat hati-hati oleh Ukraina melawan Rusia terbakar habis

Kehilangan pertama yang didokumentasikan dari FV103 Spartan troop carrier (APC) buatan Inggris dilaporkan di dekat Bakhmut antara 14-15 April, berdasarkan beberapa video yang muncul di media sosial.

Spartan diproduksi untuk Angkatan Darat Inggris antara tahun 1960-an dan 1970-an, dan berdasarkan laporan sejak tahun lalu, hampir 100 unit dibeli untuk Ukraina dalam dua upaya penggalangan dana besar.

Batch terakhir dari 25 kendaraan yang diperoleh di bawah platform Unite With Ukraina tiba pada 9 Maret, menurut surat kabar semi-resmi. Militer Ukraina situs web. Ini termasuk 12 FV103 Spartan; 7 432 pengangkut personel lapis baja; dua 434 APC; satu Spartan SPA8; Dua ambulans Spartan SPA017 dan dua mobil Samaritan FV104.

Sementara itu, Bakhmut menyaksikan penarikan pasukan Ukraina dari beberapa daerah dalam menghadapi serangan Rusia yang gigih. Reuters Mengutip pejabat Inggris dalam sebuah laporan baru-baru ini. “Moskow (mendesak untuk meraih kemenangan) sebelum serangan balik yang diharapkan Ukraina,” tambah laporan itu.

Menurut pejabat Ukraina, Rusia menarik pasukan dari daerah lain di garis depan untuk melancarkan serangan besar-besaran di Bakhmut, yang telah coba direbutnya selama sembilan bulan. Jatuhnya Donetsk akan menyelesaikan tujuan Rusia untuk merebut sepenuhnya wilayah pro-Rusia di Ukraina timur dan selatan.

Spartan diperoleh melalui crowdfunding

“Sejauh yang saya tahu, ini adalah pengiriman simultan terbesar dari kendaraan evakuasi terlacak dan lapis baja oleh sebuah LSM internasional sejak dimulainya invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina,” kata Andrei Pochnyg, direktur Unite With Ukraina.

Laporan itu menambahkan bahwa Kongres Dunia Ukraina berencana untuk membeli 25 mobil lagi.

Pada November 2022, inisiatif crowdfunding populer lainnya yang dipimpin oleh Serhiy Prytula Foundation mengumpulkan $6,5 juta dalam 36 jam untuk sekitar 50 Spartan, menurut Penjaga.

READ  Seorang jurnalis bertemu kembali dengan putranya secara langsung setelah penembakan di sekolahnya di Amerika Serikat

Unit tersebut hampir tidak digunakan karena telah dikendarai kurang dari 16.000 km (10.000 mil) dan tergeletak di gudang rahasia di Inggris.

Apakah yang hancur akibat pembelian oleh Yayasan Serhiy Prytula atau Bersatu Dengan Ukraina tidak diketahui, tetapi itu pasti merupakan pertempuran sengit untuk Bakhmut yang menurut banyak orang akan menentukan hasil perang.

Ukraina mulai menggunakan Spartan untuk pertama kalinya pada Juni-Juli tahun lalu 35 Itu disumbangkan oleh pemerintah Inggris sebagai tindakan segera.

Spartan
FV103 Spartan APC adalah untuk Ukraina, dan terlihat dengan lambang Ukraina di sisi kiri sasis.

Apa yang ditampilkan video

video Di Twitter, dia menunjukkan MT-LB Ukraina di latar depan dan Spartan di latar belakang, keduanya sangat terbakar dan benar-benar hangus.

Apakah mereka datang di bawah tembakan artileri Rusia, rudal anti-tank yang ditembakkan oleh pasukan darat, serangan udara oleh Mi-28, Ka-52 Alligator, pesawat serang darat Su-25 Grach atau tembakan tank seperti T-90 tidak diketahui.

Tetapi tergantung pada api dari palka MT-LB dan kerusakan infrastruktur sipil di sekitarnya, tembakan artileri atau serangan udara tetap merupakan kemungkinan yang paling mungkin terjadi.

Tampaknya juga Ukraina telah menggunakan stok Spartannya dengan sangat hemat sejak tahun lalu, terutama 35 yang menurut The Guardian telah beroperasi sejak Juni 2022. Ini berarti bahwa mereka telah menghitung bahwa perang akan berlarut-larut hingga tahun depan dan telah diperas. mereka ke dalam layanan hanya sampai waktu yang paling penting.

Namun, tidak dapat dipastikan apakah ada kendaraan Spartan yang sebelumnya dihancurkan tetapi tidak terekam kamera atau apakah ini adalah pembunuhan pertama dalam video.

READ  Skandal Kantor Pos Inggris: Wanita Asal India Tolak Permintaan Maaf Mantan Bos | berita Dunia

Berdasarkan fakta bahwa semua postingan media sosial menggambarkan video tersebut sebagai “kehilangan pertama yang terdokumentasi”, itu berarti jenis kendaraan lapis baja tersebut belum pernah menjadi korban tembakan Rusia sebelumnya.

Keluarga kendaraan lapis baja serbaguna

“Kendaraan ini sangat penting karena memungkinkan untuk melakukan tidak hanya tugas operasional tetapi juga fungsi evakuasi medis,” Komandan Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina (TDF) Oleksandr Muzyka dikutip dalam laporan Militer Ukraina.

Maksim Kostersky, Koordinator Tren Transportasi untuk Yayasan Prytula, menjelaskan bagaimana sistem terlacak memungkinkan dia untuk bergerak dalam “kondisi cuaca buruk karena saat ini hujan turun hampir setiap hari selama musim gugur.”

“Sebentar lagi akan turun salju, dan Spartan akan sangat baik di garis depan di selatan negara itu dan terutama di Donbass, tempat pertempuran paling sengit sekarang sedang berlangsung,” kata Kosetsky kepada The Guardian pada November tahun lalu.

Kendaraan kecil lapis baja ringan itu memiliki koil siluet rendah, yang menjadi penting dalam pengintaian rahasia di garis depan. F107 Scimitar Light Tank/Reconnaissance melayani tujuan ini.

F104 Samaritan digunakan untuk evakuasi medis, varian F105 Sultan untuk komando dan staf komando taktis dan kontrol, dan Striker F102 sebagai pembawa peluru kendali anti-tank (ATGM).