Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kesehatan Paus Fransiskus, Rumor Pensiun Membatalkan Perjalanan

Perjuangan kesehatan Paus Fransiskus baru-baru ini, masalah pergerakan yang memburuk, dan acara yang dibatalkan telah memicu desas-desus bahwa kepala Gereja Katolik pensiun dini untuk pensiun pendahulunya.

Fransiskus, lahir Jorge Mario Bergoglio, terpilih sebagai paus pada Maret 2013. Paus Benediktus XVI mengundurkan diri pada usia 85, menjadi paus pertama yang melakukannya pada 1415 setelah Gregorius XII.

Sekarang, beberapa pengamat Vatikan percaya Fransiskus yang berusia 85 tahun bisa menjadi yang kedua – bahkan jika penasihat paus menghapus percakapan itu.

Kardinal Oscar Andres Rodriguez mengecam rumor pensiun Maradia sebagai tidak lebih dari “sinetron murah”. Menurut layanan berita agama.

St. See sejauh ini tidak memberikan indikasi bahwa paus ingin melepaskan tahta St. Petrus, daripada mati dalam jabatannya, seperti kebiasaan mayoritas uskup Roma.

Namun, spekulasi bahwa ia mungkin mengundurkan diri telah beredar selama berbulan-bulan.

Lahir di Argentina Juli lalu, Paus Benediktus XVI menjalani operasi tiga jam untuk mengangkat sisi kiri usus besarnya.

Desas-desus beredar bahwa Paus Fransiskus berencana untuk pensiun karena masalah kesehatan baru-baru ini dan mobilitas yang menurun.
Foto AP / Gregorio Porcia, file

Sejak itu, kesehatannya semakin memburuk sehingga selama sebulan terakhir Francis harus duduk di kursi roda atau dibantu tongkat karena sakit lutut.

Oktogenarian Brad dikatakan tidak ingin menjalani operasi pada lututnya – dan dikutip mengatakan kepada uskup pada bulan Mei: “Daripada operasi, saya mengundurkan diri.”

Fransiskus berbicara secara terbuka tentang perjuangannya, mengatakan dalam pidato audiensi publiknya pekan lalu bahwa orang tua harus menerima keterbatasan fisik mereka.

“Seiring bertambahnya usia, kami tidak dapat melakukan hal yang sama seperti ketika kami masih muda: tubuh memiliki kecepatan lain, dan kami harus mendengarkan tubuh dan menerima batasannya,” katanya. “Kita semua memilikinya. Saya harus menggunakan tongkat sekarang juga.

READ  MEP Sylvia Sporek: Larangan memancing. Dia berbicara tentang "pengurangan biaya" pada hak-hak hewan
Paus Fransiskus dikurung di kursi roda pada acara Vatikan pada 18 Juni 2022.
Paus Fransiskus terikat kursi roda di sebuah acara Vatikan pada 18 Juni 2022.
Media Vatikan / IPA oleh ZUMA Press

Uskup Roma juga menderita linu panggul, yang membuatnya lumpuh sebelum masalah lutut muncul.

Satu minggu sebelum komentar paus tentang penuaan, Vatikan membatalkan perjalanannya yang dijadwalkan ke Afrika pada bulan Juli, dengan alasan masalah kesehatannya.

Saat ia merencanakan pertemuan para kardinal di El Aquila di Italia tengah pada akhir Agustus, desas-desus tentang kemungkinan pensiunnya Fransiskus menyebar.

Paus Benediktus XVI, pendahulu Fransiskus, mengundurkan diri pada 2013.
Paus Benediktus XVI, pendahulu Fransiskus, mengundurkan diri pada 2013.
Sven Hop / Pool melalui REUTERS

Ini menandai apa yang disebut “Pesta Pengampunan”, yang didirikan oleh Paus Selestinus V pada tahun 1294 – tahun yang sama ketika paus abad ke-13 mengundurkan diri dari Tahta Suci.

Perayaan dimulai 28 Agustus – sehari setelah Paus Fransiskus dijadwalkan untuk menunjuk 21 kardinal baru, yang akan memenuhi syarat untuk memberikan suara di konferensi jika paus memutuskan untuk mundur.

Para kardinal paus dipilih oleh perguruan tinggi, dan mereka diundang ke Vatikan untuk pertemuan, diikuti dengan pemilihan atau konferensi kepausan.

Benediktus XVI, cikal bakal Fransiskus XVI, mengejutkan dunia dengan mengumumkan pengunduran dirinya pada 2013 setelah delapan tahun berkuasa.

Benediktus, yang dikenal sebagai “Paus Emeritus” setelah pengunduran dirinya, terus tinggal di Vatikan. Pada usia 95, ia hidup lama sebagai paus.