Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Penghasilan Manajer Senior: Kepala Dax Ini Mendapat Paling Banyak Di 2020

Ekonomi Pendapatan manajer senior

Bos Dax ini mendapat untung terbesar di tahun 2020

Orang yang paling menguntungkan Dax: Pelatih Linde Steve Angel menerima setara dengan 47 juta euro tahun lalu dan berada di puncak 30 perusahaan di Bursa Efek Jerman

Orang bayaran terbaik Dax: Bos Linde Steve Angel menerima setara dengan 47 juta euro tahun lalu dan berada di puncak 30 perusahaan di pasar saham Jerman teratasagama

Sumber: dpa / Lino Mirgeler

Kesenjangan pendapatan di dewan perusahaan Dax sangat besar. Pemenang tertinggi mendapat dua puluh kali tempat terakhir. Pendapatan direktur meningkat seratus tiga puluh kali lipat dalam setahun terakhir.

sayaDi dewan perusahaan DAX, ada kecenderungan sosial yang menarik: direktur dengan bayaran tertinggi di liga pasar saham Jerman adalah Linde Boss tahun lalu, senilai €47 juta. Steve Angel. Seorang CEO Amerika memperoleh lebih dari dua puluh kali lipat dari apa yang didapat CEO SAP Christian Klein Dengan hanya di bawah 2,2 juta di ujung bawah tabel – meskipun laba bersih pembuat perangkat lunak berbasis Waldorf lebih dari lima miliar euro tiga kali lebih tinggi dari Linde.

Demikian hasil penilaian dpa terhadap remunerasi dewan untuk perusahaan yang saat ini terdaftar di Dax.

Beberapa CEO mengalami sedikit kerugian pendapatan akibat Corona. Tapi ini tidak akan bertahan lama, sebagaimana dibuktikan oleh laporan kompensasi perusahaan.

Baca juga

Mereka yang melamar ke perusahaan melihat sejumlah besar kriteria.  Uang bahkan tidak di atas

Survei terhadap 25.000 akademisi

Kode Tata Kelola Perusahaan Jerman (DCGK) versi 2017 membedakan antara “aliran internal” dan “manfaat”. Arus masuk mengacu pada pembayaran, termasuk kewajiban pensiun, yang diterima anggota dewan eksekutif dalam satu tahun, termasuk bonus jangka panjang dari tahun-tahun sebelumnya. Di sisi lain, hibah termasuk bonus jangka panjang yang diterima manajer untuk tahun 2020 tetapi dikumpulkan setelah bertahun-tahun.

Aliran 15 kepala Dax tahun lalu — minimal untuk beberapa, terutama untuk yang lain: CEO Adidas Casper Rorsted Kurang lebih 3,5 juta euro, CEO Munich Re Joachim Menang Ini kehilangan 2,3 juta dibandingkan tahun sebelumnya.

CEO Delivery Hero menguangkan opsi saham

Secara keseluruhan, pendapatan CEO naik dari 194 menjadi hampir 242 juta euro, tetapi ini disebabkan oleh dua outlier saja: pemilik dan runner-up. Niklas Ostberg. Kepala layanan pengiriman yang merugi, Delivery Hero memperoleh 45,7 juta – pada tahun sebelumnya hanya 350.000 euro. Ostberg berutang lonjakan pendapatan yang luar biasa ini karena fakta bahwa ia menguangkan 566.600 opsi saham.

Tetapi sumbangan meningkat untuk mereka semua. Presiden SAP Klein dapat berharap untuk waktu yang lebih baik: sumbangannya untuk tahun 2020 berjumlah €9,2 juta. Secara keseluruhan, donasi perusahaan DAX kepada CEO mereka berjumlah €182 juta, hampir 15 juta lebih banyak daripada tahun 2019.

Baca juga

komposit digital.  Getty Images Getty Images

Angel von Linde dengan pendapatan tertinggi telah dikeluarkan dari akun ini karena ketidakmampuan untuk membandingkan laporan tahunan. Sejak Linde bukan lagi perusahaan Jerman, neraca konsolidasi telah disusun sesuai dengan hukum Irlandia. Pengecualian kedua adalah Siemens Energy, untuk alasan yang sama sekali berbeda: Perusahaan dipisahkan dari perusahaan induknya hanya pada tahun 2020, dan oleh karena itu belum menyerahkan neraca tahunannya. 28 perusahaan yang tersisa di DAX telah sepenuhnya mendokumentasikan pembayaran anggota dewan mereka.

Ada alasan untuk membedakan antara arus masuk dan tunjangan, karena kompensasi untuk manajer senior terdiri dari lima komponen: gaji tetap, bonus jangka pendek, bonus jangka panjang, tunjangan hari tua, tunjangan – kategori terakhir termasuk mobil dan asuransi perusahaan. .

Frank Appel adalah salah satu yang berpenghasilan tertinggi

“Hampir tidak ada yang lebih transparan daripada remunerasi dewan,” kata Mark Tongler, direktur pelaksana Asosiasi Pemegang Saham DSW dan anggota Komite Negara Bagian DCGK. “Ide dasarnya adalah ‘bayar untuk kinerja’, tetapi masalahnya adalah bahwa pembayaran itu berlangsung selama tiga hingga empat tahun.”

Empat bos Dax menghasilkan kurang dari tiga juta euro (aliran masuk) pada tahun 2020, sementara tiga dari mereka menghasilkan dua digit juta: selain Angel dan Linde, kepala Post Frank Appel Dengan lebih dari sepuluh juta, ia berada di urutan ketiga dalam kelompok berpenghasilan tinggi.

Baca juga

Kondisi kerangka kerja bagi wanita yang ingin mengejar karir terus membaik

Siapa pun yang percaya bahwa ada hubungan langsung antara tingkat gaji anggota dewan dan laba perusahaan adalah keliru. Dalam krisis tahun 2020, krisis Corona mencairkan keuntungan banyak perusahaan DAX: laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham turun sekitar 38 miliar menjadi 41,5 miliar euro, yang hampir setengahnya. Sebagai perbandingan, total gaji anggota dewan – presiden dan anggota dewan – hanya sedikit menurun: dari 606 menjadi 571 juta euro.

BMW setengah penutup

“Badan legislatif juga ingin penurunan jangka pendek dalam penjualan tidak terlalu tercermin dalam bonus,” kata Tongler. “Anggota dewan tidak boleh terlalu melihat keuntungan perusahaan dalam jangka pendek, perusahaan harus melakukannya dengan baik dalam jangka panjang.”

Namun, jumlah total kompensasi hanya mencerminkan sebagian dari biaya yang sebenarnya ditanggung oleh manajemen senior perusahaan. Banyak perusahaan Dax tidak memasukkan pembayaran manfaat pensiun dalam gaji kotor. Selain itu, ada pembayaran kepada mantan anggota dewan, yang di banyak perusahaan DAX berjumlah sepertiga hingga setengah dari yang diterima aktivis.

Selain itu, ada perusahaan yang sangat menguntungkan dengan gaji yang cukup rendah di dewan eksekutif, sementara dalam kasus lain, manajer senior jelas menderita hasil yang buruk. Di BMW, misalnya, total gaji anggota dewan berkurang setengahnya antara 2017 dan 2020, dari 40 menjadi 20 juta euro.

READ  Charlie Munger mengandalkan saham Alibaba!