Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Prosesor Intel “Lac des Aulnes” generasi ke-12 pertama yang akan dirilis ke pasar akan menargetkan para penggemar

Sangat diharapkan: Intel berebut untuk melengkapi Alder Lake, tetapi perusahaan mungkin hanya mengungkapkan prosesor berkualitas antusias untuk jajaran baru di acara mendatang. Keluarga Alder Lake lainnya akan muncul di CES 2022, yang tidak mengejutkan jika Anda mempertimbangkan bahwa kebanyakan orang tidak akan memiliki alasan untuk beralih ke platform baru karena kurangnya perangkat keras DDR5 dan PCIe 5.0 saat ini.

Detail tentang prosesor generasi ke-12 Intel masih langka, tetapi kami tahu Chipzilla sedang berjuang untuk mengeluarkannya secepatnya, terutama setelah rilis hangat dari Rocket Lake. Intel bahkan lupa merilis driver grafis untuk prosesor Rocket Lake dan harus menurunkan harga setelah membuatnya tersedia di pasar, meskipun kekurangan chip menentukan sebaliknya.

Awal pekan ini di acara Intel Accelerated, perusahaan memberikan gambaran kasar tentang bagaimana rencananya untuk mengembangkan teknologi prosesnya sendiri selama tiga tahun ke depan. Secara khusus, CEO Pat Gelsinger mengungkapkan bahwa Intel bergerak menjauh dari label berbasis nanometer untuk memberikan “pandangan yang lebih akurat tentang node proses di industri.”

Ini adalah cara Intel untuk menunjukkan bahwa teknologi proses 10nm pada dasarnya sebanding dalam kepadatan transistor dengan teknologi proses 7nm dari TSMC dan Samsung. Dan ini tentu saja bukan hanya taktik pemasaran, seperti yang telah kita lihat bahwa prosesor Intel yang dibuat menggunakan teknologi SuperFin 10nm perusahaan cukup bersaing dengan Prosesor 7nm AMD Ryzen dari TSMC.

Gelsinger mengatakan pengumuman besar berikutnya akan dilakukan pada acara mendatang pada 27 Oktober. Di sinilah Alder Lake diharapkan akan terungkap, tetapi menurut laporan dari Igor’s Lab, itu bisa fokus pada prosesor kelas atas, seperti K dan KF serta motherboard Z690. Prosesor lain di lini Alder Lake diharapkan muncul nanti, di CES 2022, bersama dengan chipset H670, B660, dan H610.

READ  NASA memilih perusahaan Elon Musk untuk pergi ke bulan es Jupiter

Chipset Intel Z690 diharapkan mendukung memori DDR4 dan DDR5, dan rumor menunjukkan bahwa Alder Lake akan menjadi platform pertama yang mendukung PCIe 5.0. Namun, pembuat SSD dan kartu grafis belum menemukan perangkat keras apa pun yang dapat memanfaatkan spesifikasi baru. Kartu grafis belum melewati batas PCIe 4.0, dan SSD PCIe 5.0 pertama tidak akan siap hingga tahun depan.

Alder Lake akan menjadi prosesor Intel pertama yang hadir dengan desain LITLE besar yang mirip dengan Arm, yang menggabungkan inti bertenaga tinggi dan hemat energi. Intel hampir mengkonfirmasi bahwa prosesor baru akan dibangun pada node pemrosesan SuperFin 10nm yang ditingkatkan yang disebut Intel 7, yang dikatakan memberikan kinerja 10-15% lebih banyak per watt daripada generasi sebelumnya. Mudah-mudahan, Rocket Lake tidak sengaja membuat Alder Lake menjadi pemutakhiran yang membosankan, tetapi meskipun demikian, kami masih bersemangat untuk melihat apa yang dimiliki Intel dengan arsitektur baru ini.