Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sebuah misi NASA telah menentukan bahwa Mars berputar lebih cepat

Sebuah misi NASA telah menentukan bahwa Mars berputar lebih cepat

Perkiraan waktu membaca: 3-4 menit

ATLANTA — Mars berputar lebih cepat dari sebelumnya, menurut data yang dikumpulkan oleh pendarat InSight NASA di planet merah.

InSight yang sekarang sudah pensiun dipersenjatai dengan seperangkat instrumen, termasuk antena dan transceiver radio yang disebut RISE, atau Eksperimen Struktur dan Rotasi Internal. Instrumen tersebut digunakan untuk melacak rotasi Mars selama 900 hari pertama misi di planet tersebut.

Para astronom telah menentukan bahwa rotasi planet meningkat sekitar 4 milidetik per tahun², atau memperpendek panjang satu hari di Mars sepersekian milidetik per tahun. Satu hari Mars berlangsung sekitar 40 menit lebih lama dari satu hari di Bumi.

Akselerasi yang meningkat tampaknya sangat kecil, dan para peneliti tidak sepenuhnya yakin mengapa demikian. Namun, mereka berpendapat bahwa itu mungkin karena akumulasi es di kutub Mars atau munculnya daratan setelah tertutup es. Ketika massa planet berubah dengan cara ini, itu dapat menyebabkan rotasi planet menjadi lebih cepat.

Temuan, yang didasarkan pada analisis data InSight yang dibagikan sebelum misi habis dan dihentikan, dilaporkan dalam sebuah laporan. Studi Juni diterbitkan dalam jurnal Nature.

Awalnya, InSight, misi pertama untuk mempelajari interior Mars, seharusnya dilanjutkan sekitar dua tahun setelah mendarat pada November 2018. Namun NASA memperpanjang misi tersebut selama dua tahun lagi.

Misi InSight terus mengumpulkan data di Mars hingga akhir, Diam di bulan Desember 2022 Setelah debu mencegah panel surya menerima sinar matahari.

Ilmuwan menggunakan Deep Space Network untuk mengirimkan sinyal ke RISE di InSight, yang kemudian memantulkan kembali sinyal tersebut ke Bumi. Sinyal yang ditransmisikan ini membantu para peneliti melacak perubahan frekuensi kecil yang disebabkan oleh pergeseran Doppler, yang menyebabkan sirene mengubah nada tergantung pada jaraknya. Frekuensi berubah karena rotasi planet.

READ  Jangan lewatkan hujan Meteor Geminid - dan lihat Kamera Meteor Langsung NASA

“Apa yang kami cari adalah perbedaan hanya beberapa puluh sentimeter selama satu tahun Mars,” kata Sebastien Le Maistre, penulis studi utama di Royal Observatory of Belgium, dalam sebuah pernyataan. “Dibutuhkan waktu yang sangat lama dan banyak data untuk dikumpulkan bahkan sebelum kita dapat melihat perbedaan ini.”

Pengukuran osilasi Mars

Penelitian sebelumnya yang dimungkinkan oleh temuan unik misi interior planet menegaskan bahwa Mars memiliki inti logam cair. Para peneliti kemudian menggunakan RISE untuk mengukur goyangan Mars sebagai aliran intinya.

Melacak goyangan Mars, atau morphing, memungkinkan tim mengukur ukuran inti.

Data RISE menunjukkan bahwa radius inti sekitar 1.140 mil.

Angka baru ini dibandingkan dengan perkiraan radius inti sebelumnya Dikumpulkan dengan melacak gelombang seismik saat mereka melakukan perjalanan melalui bagian dalam Mars. Dengan menggabungkan pengukuran ini, para peneliti memperkirakan bahwa radius inti Mars adalah antara 1.112 dan 1.150 mil.

Meskipun InSight tidak lagi beroperasi, harta karun berupa data yang dikumpulkan selama empat tahun di Mars telah mengubah cara para ilmuwan memahami Planet Merah. Misi tersebut adalah yang pertama mengungkap beberapa rahasia interior Mars, dan para ilmuwan akan menganalisis datanya selama beberapa dekade mendatang.

“Sangat keren bisa mendapatkan pengukuran terbaru ini – dan hanya itu,” Bruce Banerdt, yang menjabat sebagai penyelidik utama InSight sebelum pensiun pada 1 Agustus, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Dia bekerja di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, selama 46 tahun.

“Saya sudah lama terlibat dalam upaya membawa stasiun geofisika seperti InSight ke Mars, dan hasil seperti ini membuat kerja puluhan tahun itu sepadan.”

cerita terkait

Cerita sains terbaru

Lebih banyak cerita yang mungkin menarik bagi Anda