Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Wakil Menteri menegaskan: Tidak ada yang akan kehilangan pekerjaan di perusahaan restrukturisasi pertambangan

2021-10-04 16:30

Penerbitan
2021-10-04 16:30

Foto: Marek Wiśniewski/ / forum

Tidak ada yang akan kehilangan pekerjaan mereka di Spółka Restrukturyalizacji Kopalń – Wakil Menteri Aset Artur Soboye menegaskan, mengakui bahwa penjatahan, yaitu transfer karyawan dalam perusahaan, yang mungkin. Analisis sedang dilakukan pada ukuran kelompok orang yang, misalnya, karena alasan keluarga, tidak dapat mengambil manfaat dari penjatahan.

Mempekerjakan kurang dari 3.000 orang Spółka Restrukturyalizacji Kopalń (SRK) berurusan dengan likuidasi properti pascatambang menggunakan subsidi anggaran.

Karyawan yang memasuki SRK, bersama dengan properti tambang yang akan ditutup, sering kali mendapat manfaat dari perlindungan sosial menurut undang-undang – cuti sebelum pensiun dan uang pesangon. Di sisi lain, karyawan yang tersisa dari perusahaan yang direstrukturisasi terutama berurusan dengan likuidasi fisik aset dan, antara lain, tugas-tugas administrasi.

Jumat lalu, Dewan Perwakilan Rakyat mengadopsi amandemen yang disebut Undang-Undang Pertambangan, yang memperluas kemungkinan mentransfer tambang ke SRK pada akhir 2023 dan melikuidasi mereka dari anggaran hingga 2027. Amandemen, yang sekarang akan ditangani oleh Senat, juga menjamin perlindungan sosial bagi karyawan yang akan dipindahkan ke SRK berdasarkan peraturan yang telah diubah.

Selama pekerjaan minggu lalu pada RUU di DPR, anggota parlemen oposisi mengangkat masalah sekelompok karyawan SRK saat ini yang – mereka takut – berisiko kehilangan pekerjaan, dan belum dilindungi oleh perlindungan apa pun. Dia pergi, antara lain, tentang sekelompok wanita yang bekerja di pengelolaan tambang Makuzui di Zabrze. Itu sebabnya Koalicja memanggil Obywatelska i Lewica untuk memperluas kumpulan orang yang berhak menerima pesangon untuk memasukkan karyawan SRK saat ini – total 1.000 orang, yang – dengan pembayaran pesangon 120.000 – akan menghabiskan anggaran hingga PLN 120 juta.

READ  Hakim AS tetap skeptis tentang perbandingan Bayer dengan glifosat

Amandemen tentang hal ini direkomendasikan oleh Komite Parlemen untuk Energi, Iklim dan Aset Negara, tetapi ditolak ketika amandemen tersebut disetujui di DPR. Pada saat yang sama, Wakil Menteri Kereta Bawah Tanah mengumumkan bahwa situasi karyawan SRK, yang mungkin terancam kehilangan pekerjaan setelah likuidasi pabrik tempat mereka bekerja, berakhir.

Ketika ditanya tentang hal ini di Katowice pada hari Senin, wakil menteri membenarkan bahwa masalahnya sedang dianalisis. Dia juga menegaskan bahwa SRK tidak berencana untuk memberhentikan pekerja. “Tidak ada yang akan kehilangan pekerjaan di SRK, penugasan dimungkinkan” – katanya.

“Kami akan melihat apakah ada kelompok karyawan – itu pada dasarnya milik saya Makuzui – yang mungkin memiliki masalah bahkan dengan penjatahan” – wakil menteri menambahkan, menjelaskan bahwa ini adalah orang-orang, misalnya karena alasan keluarga, yang tidak dapat pindah ke pabrik SRK lain di kota lain.

“Kami akan melihat ukuran kelompok orang ini dan apakah mereka memerlukan bantuan terpisah. Saat ini, Shah Rukh Khan sedang melakukan analisis seperti itu” – kata wakil presiden MAP.

Diuntungkan dari subsidi anggaran, SRK menangani likuidasi tambang dan pengelolaan aset. Dari 2015, tambang atau yang disebut gerakan penambangan: Makoszowy, Brzeszcze (bagian produksi tambang dengan sebagian kru kemudian diambil alih oleh Tauron Group), Centrum, Mysłowice, Kazimierz-Juliusz, Boga Dary, Anna, Kamar 1, Rozbark V, Jas-Mos, Krupiński, Wieczorek (dalam dua bagian), Silesia, gerakan Piekary (bagian dari tambang Bobrek-Piekary), bagian dari gerakan Rydułtowy (bagian dari tambang ROW) dan sebagian dari Mysłowice -Wesoła milikku.

Di bawah Undang-Undang Pertambangan yang saat ini diamandemen, ranjau Peace dan Jastrzębie III akan ditransfer ke SRK tahun ini, dan lebih dari 3,7 ribu orang harus mendapat manfaat dari perlindungan sosial. Karyawan kedua pabrik, dengan aset yang tidak diproduksi, dipindahkan ke perusahaan yang direstrukturisasi.

READ  Ledakan inflasi WSE, di game JSW, PKO BP dan PCC Exol لعاب

Pengarang: Marek Boński

Sumber:Pintu