Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

10 Pertanyaan Tentang Penyelesaian Franc Swiss – PKO BP

Gambar Maricus / / perebutan saham

Pada tanggal 3 Oktober, PKO Bank Polski memulai proses memberikan penyelesaian kepada peminjam yang melunasi pinjaman hipotek berdasarkan franc Swiss. Bankier.pl meminta Marius Dimovsky, direktur hipotek mata uang Biuro Mieszkaniowych di PKO Bank Polski untuk rincian prosedurnya.

Bank terbesar di pasar Polandia adalah yang pertama dan sejauh ini satu-satunya lembaga yang telah memutuskan untuk menerapkan proposal KNF untuk pinjaman berdasarkan franc. Pada tanggal 3 Oktober, PKO BP memulai proses penyelesaian dengan peminjam. Dalam sebuah wawancara dengan Bankier.pl, rincian prosedur dijelaskan oleh Mariusz Dymowski, direktur Biuro Mieszkaniowych untuk pinjaman hipotek mata uang di PKO Bank Polski.

Michał Kisiel, Bankier.pl: Seperti apa awal proses penyelesaian? Apakah alamat bank akan meminjam atau akan menjadi pihak yang aktif?

Marius Dimowski, Direktur Mortgage Desk di PKO Bank Polski: Nasabah adalah pihak yang aktif. Jika klien ingin berbicara tentang pinjamannya, dia ingin melakukan perubahan, dan dia diminta untuk mengajukan aplikasi. Prosesnya diatur untuk saluran jarak jauh, yaitu, mereka menggunakan iPKO melalui Internet. Tentu saja, dimungkinkan untuk melakukan pemesanan di salah satu cabang, tetapi karena pembatasan terkait pandemi dan fakta bahwa seluruh proses hingga penandatanganan penyelesaian, kami mendorong Anda untuk menggunakan perbankan elektronik.

Apakah pelanggan dapat memilih broker sendiri?

Klien memilih broker secara independen pada tahap menempatkan pesanan di situs. Jika kedua pihak, yaitu bank dan nasabah, menyepakati orang tersebut, maka mediator yang ditunjuk akan mengambil alih kasus tersebut. Jika tidak tercapai kesepakatan mengenai masalah ini, mediator akan ditunjuk oleh ketua pengadilan arbitrase. Bank tidak akan ikut campur dalam proses ini, dan pialang dipilih dari daftar Otoritas Pengawas Keuangan Polandia.

READ  Penemu Toniebox Marcus Stahl dan Patrick Fassbender di IPO

Akankah ada pembedaan antara apa yang bank usulkan kepada peminjam individu, atau apakah itu “penawaran” standar untuk semua?

Kita berurusan dengan mediasi, yaitu negosiasi, berusaha mencapai kesepahaman. Jika kita memperlakukan setiap peminjam dalam franc Swiss dengan cara yang seragam, akan sulit untuk membicarakan mediasi. Jadi kami duduk di meja dengan semua orang secara individu dan berbicara tentang pinjaman. Kami memperhitungkan semua variabel – harga pada saat penarikan, jangka waktu pinjaman, margin – dan pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan. Tentu saja, faktor-faktor ini tidak sama untuk semua orang. Kami membandingkan pinjaman semacam itu dengan pinjaman zloty “virtual” yang diberikan dalam periode yang sama, seperti yang disarankan oleh kepala Otoritas Pengawas Keuangan Polandia. Selama proses mediasi, kami mencoba memahami harapan klien dan berusaha mencapai kesepakatan.

Solusi kami untuk peminjam Franc Swiss, tidak seperti prosedur pengadilan, cepat dan bebas biaya bagi klien. Paling-paling, itu bisa diprediksi.

Jika kita mengandalkan proposal PFSA, ruang lingkup negosiasinya kecil…bisakah dikatakan tidak benar-benar ada?

Proposal PFSA adalah titik awal untuk negosiasi – ini adalah bagaimana Anda bisa mengatakannya. Ini tentu bukan pilihan yang kaku, dan tidak bisa diubah. Bank tidak ingin memaksakan apapun kepada nasabah. Kami fleksibel dan terbuka untuk percakapan.

Akankah negosiasi hanya terkait dengan persyaratan transfer ke pinjaman PLN, atau akankah terkait dengan seperti apa pinjaman setelah proses ini? Maksud saya seperangkat kriteria seperti margin, dll. Apakah pelanggan dapat menegosiasikan persyaratan pembayaran tambahan dengan bank?

Kita berbicara tentang persyaratan pertukaran. Saya tidak ingin merujuk pada item yang dapat dinegosiasikan saat ini. Ini adalah masalah individu – dan pada saat yang sama itu adalah rahasia.

READ  Harga Bensin dan Co sedang naik: apakah supermarket juga akan mengikuti?

Kita dapat berbicara tentang transformasi serta sejumlah parameter lainnya. Hasil akhirnya adalah pinjaman PLN. Ketika pelanggan tidak puas dengan persyaratannya, ia dapat bernegosiasi dengan bank atau, sebagai upaya terakhir, membiayai kembali kewajibannya.

Jadi penyelesaiannya akan dirahasiakan, apakah akan dirahasiakan?

Satu hal tentang mediasi adalah kerahasiaannya. Ketentuan penyelesaian juga. Para pihak, sebagai suatu peraturan, terikat oleh kerahasiaan. Tidak ada elemen dari prosedur ini yang boleh diungkapkan.

Bukankah bank takut bahwa persyaratan penyelesaian akan segera diumumkan? Ini dapat diselesaikan setelah memposting, misalnya, ke media sosial setelah proposal penyelesaian awal.

Jika seseorang menganalisis dan memahami usulan kepala Otoritas Pengawas Keuangan Polandia, ia dapat secara mandiri menentukan apa yang kurang lebih dapat ia andalkan. Bagaimanapun, ini adalah proposal konkret – ketentuan batasannya diketahui. Ya, saya tahu bahwa persyaratan penyelesaian akan segera diketahui oleh kelompok peminjam yang lebih besar. Namun, saya ragu apakah masing-masing pihak yang terlibat akan dapat menentukan secara independen, misalnya, nilai tukar mata uang yang dikonversi dan parameter lainnya.

Dalam proses yang Anda mulai pada bulan Oktober, apakah akan ada “jalur cepat” untuk yang menentukan? Maksud saya penawaran bank tanpa proses perantara?

Proses standar mengasumsikan bahwa klien akan menerima proposal bank sebelum pertemuan. Ini terdiri dari templat dokumen tanpa akun keuangan dan akun lengkap yang mencakup akun tersebut.

Jadi pelanggan hanya bisa mendapatkan proposal untuk pertama kalinya selama pertemuan.

Akankah bank mengarahkan peminjam ramah terhadap pinjaman suku bunga tetap secara berkala?

Setiap klien akan menerima tawaran pinjaman PLN berdasarkan tingkat bunga tetap dan variabel. Harga tetap berlaku selama 5 tahun. Dalam hal sisa jangka waktu pelunasan pinjaman setelah penyelesaian pelunasan kurang dari 5 tahun, tingkat bunga tetap akan berlaku sampai dengan akhir kontrak. Jika kontrak lebih lama – setelah 5 tahun, pinjaman akan kembali ke tingkat variabel dengan opsi untuk menggunakan periode bunga tetap lagi. Dalam hal ini, pelanggan harus memesannya.

READ  Glarner Kantonalbank memberikan anggaran setengah tahunan yang memuaskan

Namun, apakah bank akan lebih memilih salah satu opsi? Apakah Anda secara khusus didorong untuk memilih suku bunga tetap secara berkala?

Itu hanya akan menjadi pilihan pelanggan. Setiap nasabah mendapatkan simulasi pinjaman baru (berdasarkan saldo setelah transfer) berdasarkan tarif tetap dan variabel. Semua parameter ditampilkan – tingkat bunga tahunan efektif, total biaya pinjaman, dll., Berdasarkan berbagai informasi yang diberikan, klien akan memilihnya.

Apakah akan ada biaya tambahan yang terkait dengan proses (seperti biaya suplemen)?

Pelanggan tidak menanggung biaya apapun. Bank menanggung biaya untuk perjanjian mediasi dengan Otoritas Pengawas Keuangan Polandia, biaya untuk mengubah entri hipotek dalam pendaftaran tanah dan hipotek (dalam beberapa kasus, jika perlu).

Terima kasih atas percakapannya.

Sumber: