Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Beranda Piala Dunia: Juara Olimpiade Finlandia memenangkan ganda hoki es bersejarah

Gelar Piala Dunia di kandang
Juara Olimpiade Finlandia menjalankan dobel hoki es bersejarah

98 hari setelah kemenangannya di Olimpiade di Beijing, Finlandia memasuki sejarah hoki es. Sebagai hanya tim kedua, mereka juga memenangkan gelar Kejuaraan Dunia. Finlandia harus menghabiskan waktu ekstra melawan Kanada. Tapi kemudian mereka menghentikannya sebelum waktunya.

Finlandia, juara Olimpiade dalam hoki es, memenangkan gelar keempatnya di kejuaraan dunia yang diadakan di negaranya, dan merupakan tim kedua yang memenangkan gelar ganda. Tim asuhan pelatih Yuka Yalonen merebut emas Piala Dunia dengan skor 4:3 (0:0, 0:1, 3:2, 1:0) setelah perpanjangan waktu di final melawan juara bertahan Kanada setelah kemenangan Olimpiade. Tetangga Swedia terakhir bisa melakukannya 16 tahun lalu.

Mikael Granlund (45’/46′) dan Joel Jeremiah (55′) mencetak gol di waktu reguler di depan 11.487 fans yang bersemangat di Tampere. Sakkari Maninen kemudian merebut gelar keempat setelah 1995, 2011 dan 2019 pada menit ketujuh perpanjangan waktu. Di bawah pengawasan Perdana Menteri Sanna Marin, Finlandia juga berhasil membalas kekalahan 2-3 dalam perpanjangan waktu di final tahun lalu di Riga. Itu juga merupakan pertandingan final keempat antara kedua tim dalam enam Piala Dunia terakhir.

Dylan Cousins ​​(25), Zach Whitecloud (58), dan Max Comtois (59) mencetak gol bagi Kanada, yang tetap menjadi juara dunia bersama Rusia dengan 27 gelar juara dunia. Dengan dua gol telat, tim menyelamatkan diri di perpanjangan waktu. Spornaga dikeluarkan dari Piala Dunia karena perang agresif Rusia di Ukraina. Kanada juga keliru menjadi satu-satunya juara dunia.

Orang-orang Kanada awalnya unggul dalam gaya permainan tanpa embel-embel dan agresif. Namun, ini hanya dihargai di bagian tengah di mayoritas. Cousins ​​mencetak gol ketujuhnya di turnamen tersebut untuk menjadi top skorer Piala Dunia bersama rekan senegaranya Pierre-Luc Dubois dan pemain Ceko David Pasternak. Segalanya menjadi menarik di sepertiga terakhir. Ketika Granlund terikat untuk membuat skor menjadi 1-1, mantan pemain kuat Kanada Chris Dredger, yang kedua di Seattle Kraken di belakang Philipp Grobauer dari Jerman, juga cedera. Finlandia mundur ke 3: 1, tetapi Kanada kembali dengan paksa. Dalam perpanjangan, kasus mayoritas akhirnya memutuskan final.

Republik Ceko, juara Jerman, sebelumnya meraih medali perunggu dalam pertandingan 8-4 melawan Amerika Serikat. Jerman finis ketujuh setelah kalah dari Republik Ceko di perempat final.

Menurut keputusan IIHF, larangan Piala Dunia terhadap Rusia dan Belarusia juga berlaku untuk Piala Dunia 2023, yang seharusnya berlangsung di St. Petersburg. Sebaliknya, pertandingan akan dimainkan lagi di Tampere dan di Riga, Latvia.

READ  Kilian Journet meninggalkan "pasangan hidupnya" untuk memulai petualangan baru