Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

China: Perang melawan kemiskinan diikuti oleh perjuangan untuk kemakmuran | pendapat | saat ini

Kota Hangzhou berpenduduk 10 juta orang dengan distrik keuangan futuristik adalah ibu kota Provinsi Zhejiang, daerah percontohan proyek kemakmuran. (Foto: Shutterstock.com/4045)

Dengan pengetatan peraturan di Tiongkok, tujuan kemakmuran bagi semua orang kembali ke permukaan. Selain itu, pertumbuhan ekonomi China lebih cenderung berkualitas dan berkelanjutan daripada kecepatan, kata Vanessa Chao, analis ekuitas senior di Candriam.

Konsep kemakmuran bersama, yang dikenal di China selama beberapa dekade, semakin penting. Pada Kongres Partai ke-18 tahun 2012, kemakmuran bersama diproklamirkan sebagai prinsip dasar sosialisme dengan karakteristik Cina. China mencapai tujuannya pada tahun 2012 untuk memberantas kemiskinan ekstrem pada tahun 2020. Tahun ini, Presiden Xi Jinping menegaskan kembali komitmen partai untuk kemakmuran bersama. Rencana Lima Tahun ke-14 China 2021-2025 menyajikan rencana aksi untuk membuat “kemajuan yang kuat” di jalan menuju kemakmuran bersama pada tahun 2035 dan “mencapai secara signifikan” pada tahun 2050.

Perluas kelas menengah

Kepala analis ekuitas Candriam, Vanessa Gao, menulis dalam komentar terbarunya.

Distribusi pendapatan di Cina sangat berubah. Hampir 40% penduduk China masih memiliki pendapatan bulanan kurang dari 1.000 yuan (sekitar $155). Pada tahun 2017, sekitar 30% orang Cina berada di kelompok berpenghasilan menengah. Tidak ada definisi pasti tentang pendapatan rata-rata, tetapi Biro Statistik China (NBS) mengasumsikan pendapatan tahunan 100.000-500.000 CNY ($15.500-77.500 USD) untuk keluarga dengan tiga orang. Kebijakan kemakmuran bersama bertujuan untuk meningkatkan pendapatan bagi kelompok berpenghasilan rendah, meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja, memperluas kelas menengah, dan mengurangi biaya dan pengeluaran di bidang utama kesenjangan sosial seperti perumahan, pendidikan, dan perawatan kesehatan.

merangsang belanja konsumen

Pihak berwenang dan bisnis mulai merespons dengan keras, menurut Vanessa Chao. Pada Juni 2021, Provinsi Zhejiang terpilih sebagai daerah percontohan kemakmuran bersama. Sebulan kemudian, pemerintah Zhejiang merilis rencana terperinci yang menempatkan keluarga berpenghasilan menengah di pusat masyarakat dan menetapkan tujuan kuantitatif untuk tahun 2025. Baik Alibaba dan Tencent berjanji untuk menginvestasikan 100 miliar yuan (sekitar $16 miliar) dalam upaya mencapai kemakmuran bersama. selama beberapa tahun ke depan. . Pendiri Pinduoduo, Meituan, dan Xiaomi baru-baru ini menyumbangkan atau meningkatkan sumbangan mereka untuk tujuan sosial di Tiongkok.

Kesejahteraan bersama telah menjadi prioritas kebijakan menyeluruh yang mencakup aturan baru untuk sektor tertentu. “Kami berasumsi bahwa langkah-langkah untuk mendukung pertumbuhan pendapatan rumah tangga akan berdampak positif pada belanja konsumen dalam jangka menengah hingga panjang,” prediksi Zhao. Selain itu, partisipasi negara dalam pelayanan publik harus terus ditingkatkan.

Mengurangi utang di sektor real estate

Ada banyak perubahan di sektor real estate, kesehatan dan pendidikan dalam beberapa tahun terakhir. Di sektor real estate, deleveraging diperkirakan akan terus berlanjut dalam jangka panjang dan kebijakan real estate yang ketat dan tepat sasaran guna menstabilkan biaya perumahan dan mengurangi risiko sistemik. Sektor pendidikan telah melihat perubahan peraturan yang paling baru-baru ini karena pemerintah mendesak sekolah umum untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab sosial dan mengurangi pengeluaran rumah tangga untuk pelajaran privat. Di sektor kesehatan, obat-obatan dan bahan medis habis pakai diharapkan meningkat sebagai bagian dari Volume Based Purchase Policy (VBP) guna menekan biaya kepada pasien.

Kemakmuran bersama kemungkinan akan terus membentuk risiko dan peluang di cabang ekonomi yang penting ini. Analisis Candriam menunjukkan bahwa dekarbonisasi dan swasembada teknologi tinggi adalah tujuan kebijakan jangka panjang China. “Kami lebih memilih sektor-sektor yang mendapat keuntungan dari penarik politik, seperti energi baru, teknologi hijau, material baru, teknologi manufaktur maju, dan semikonduktor,” rekomendasi analis.

Lebih sedikit kecepatan, lebih banyak kualitas dan keberlanjutan

Perhatian harus diberikan pada peningkatan risiko di sektor-sektor yang menghadapi peraturan yang lebih ketat atau tidak jelas atau ketidakpastian lainnya, seperti b. Real estat, pendidikan, ketidakpastian keamanan data, dan undang-undang antimonopoli di sektor internet. Di bidang kesehatan, Kandriam bersifat eklektik. Zhao mengharapkan regulasi yang lebih ketat dari sub-wilayah perawatan kesehatan yang tunduk pada pengadaan berbasis volume, serta operasi plastik dan perawatan kesehatan digital. “Kami berasumsi akan ada peluang yang lebih baik dalam penelitian medis terbaru, obat-obatan inovatif, bioteknologi, dan perawatan lansia,” katanya.

Prioritas politik China secara bertahap bergeser dari laju pertumbuhan ekonomi ke kualitas dan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi. Seiring berkembangnya kebijakan kemakmuran bersama, risiko dan peluang regulasi di sektor individu kemungkinan besar akan berubah. Penelitian dasar yang komprehensif tentang kemakmuran bersama China dan tujuan kebijakan jangka panjang lainnya harus membuahkan hasil.

READ  Euro 2020 bersama Pedroncka. Beli dan hemat uang setiap akhir pekan di bulan Juni