Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Elon Musk mengancam kebangkrutan – BZ Berlin

Kebangkrutan SpaceX? Bos Tesla Elon Musk (50) marah karena kurangnya kemajuan oleh perusahaan luar angkasanya, SpaceX, dalam mengembangkan mesin “Raptor” yang seharusnya menggerakkan roket Starship-nya.

Musk menggambarkan apa yang dilihatnya sebagai situasi tragis sehari setelah Thanksgiving dalam buletin staf, yang kini telah dikirim ke CNBC. “Krisis produksi Raptor jauh lebih buruk daripada yang terlihat beberapa minggu lalu,” tulis Musk dalam email ini.

Kemudian tentang risiko kebangkrutan: “Kami benar-benar dalam bahaya kebangkrutan jika kami tidak dapat mencapai tingkat penerbangan ‘Starship’ setidaknya setiap dua minggu tahun depan,” Musk kemudian menambahkan.

Dalam perjalanan ke Mars

Musks Starship adalah pesawat ruang angkasa generasi berikutnya yang dikembangkan oleh SpaceX untuk membawa kargo dan orang-orang dalam misi ke Bulan atau Mars.

Perusahaan Amerika sedang menguji prototipe di sebuah fasilitas di Texas Selatan dan telah melakukan beberapa penerbangan uji singkat. Namun, untuk mencapai tingkat orbit luar angkasa, prototipe roket akan membutuhkan hingga 39 mesin Raptor – yang akan membutuhkan peningkatan tajam dalam output mesin.

Menurut CNBC, SpaceX meninggalkan permintaan tentang surat Musk yang tidak dijawab.

▶ ︎ Musk mengatakan pada 17 November bahwa SpaceX akan “semoga” meluncurkan penerbangan luar angkasa orbital pertamanya pada Januari atau Februari 2022, tergantung pada persetujuan FAA dan kesiapan teknis.

SpaceX ingin pesawat ruang angkasa itu dapat digunakan kembali sepenuhnya, dengan roket dan roda pendarat pasca-peluncuran yang ditingkatkan dan kemampuan untuk memulihkannya pada penerbangan mendatang.

Roket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon lepas landas dari Launch Pad 39A di Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida (Foto: John Raoux/dpa)
Roket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon lepas landas dari Launch Pad 39A di Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida (Foto: John Raoux/dpa)

Roket Falcon 9 SpaceX sebagian dapat digunakan kembali. Perusahaan dapat mendarat dan memulai kembali booster secara teratur, tetapi bukan bagian atas atau panggung roket.

READ  Manajemen kabaret di perusahaan PGE utama

Musk mengatakan awal bulan ini bahwa dia tidak yakin apakah pesawat ruang angkasa itu akan berhasil mencapai orbit pada upaya pertama, tetapi menekankan bahwa dia “yakin” bahwa roket itu akan mencapai luar angkasa pada tahun 2022.

“Hobi” yang mahal: Proyek luar angkasa Musk sejauh ini didanai oleh setidaknya 90% dari sumber dayanya sendiri, katanya, meskipun perusahaan tidak mencari “kerja sama internasional” atau pendanaan eksternal.

Masih harus dilihat apakah investasi Musk pada akhirnya akan menjadi mandiri, atau apakah itu akan tetap menjadi mesin yang membakar uang.