Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Serangan terhadap kekurangan semikonduktor: Samsung membangun pabrik chip AS lainnya

Serangan terhadap kekurangan semikonduktor
Samsung sedang membangun pabrik chip lain di AS

Samsung, pembuat chip memori terbesar di dunia, ingin meningkatkan kapasitasnya di Amerika Serikat. Pada paruh pertama tahun 2022, pabrik lain dijadwalkan akan dibangun di dekat satu-satunya pabrik chip di Texas sejauh ini. Investasi miliaran dolar diumumkan di tengah krisis pasokan global.

Samsung Electronics sedang membangun pabrik chip senilai $17 miliar di Taylor, Texas. Raksasa teknologi Korea Selatan mengumumkan tadi malam. Konstruksi dijadwalkan akan dimulai pada paruh pertama tahun 2022. Pabrik tersebut akan menciptakan sekitar 2.000 pekerjaan teknologi tinggi. Beberapa kota di Amerika bersaing untuk menawar, termasuk New York.

Samsung Electronics 75.300.00

Hingga saat ini, pembuat chip memori terbesar di dunia dan produsen chip kontrak terbesar kedua di dunia hanya mengoperasikan satu pabrik di Amerika Serikat: di Austin. Ini jauh lebih kecil dari pabrik lima kilometer persegi yang sekarang direncanakan. Sejauh ini, pihak Korea Selatan belum mengatakan apa sebenarnya yang ingin mereka produksi di Taylor. Semua yang diketahui adalah bahwa mereka akan menjadi chipset untuk perangkat seluler dan mobil otonom.

Dengan pendirian pabrik di Taylor, Samsung bergabung dengan saingannya TSMC dan Intel, yang juga memperluas kemampuan mereka di AS. Presiden AS Joe Biden telah menjanjikan miliaran dolar dalam subsidi untuk merangsang produksi chip dan penelitian di AS, untuk mencegah kemacetan pengiriman di masa depan seperti yang terjadi saat ini di industri otomotif dan untuk bersaing dengan Asia. Sampai saat ini, mayoritas semikonduktor modern telah diproduksi di Asia.

Relief untuk rantai pasokan semikonduktor

Pengumuman Samsung datang di tengah kekurangan chip global yang mempengaruhi berbagai industri termasuk industri elektronik dan mobil. Kim Ki Nam, Wakil Ketua Samsung Electronics Semiconductor, mengatakan dia mengharapkan pabrik baru untuk berkontribusi pada stabilitas rantai pasokan semikonduktor global. Perusahaan ingin berterima kasih kepada pemerintah AS dan Kongres atas dukungan mereka dalam “dengan cepat menciptakan insentif federal untuk produksi dan inovasi chip dalam negeri.”

Fasilitas baru ini akan memproduksi “produk berdasarkan teknologi pemrosesan canggih” untuk aplikasi seluler, transmisi data nirkabel 5G yang sangat cepat, komputasi kinerja tinggi, dan kecerdasan buatan (AI). Ini akan menempati area seluas lebih dari lima juta meter persegi dan, bersama dengan jalur produksi di Pyeongtaek, Korea Selatan, akan berfungsi sebagai situs utama untuk produksi semikonduktor global Samsung.

READ  Inflasi menyakitkan dan tidak diinginkan